Pemkab Bangka Barat Bantu 62 Sapi

Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan sebanyak 62 ekor sapi untuk mempercepat peningkatan populasi ternak di daerah itu.

"Bantuan kami salurkan hari ini kepada tiga kelompok peternak, kami berharap bisa memotivasi para para anggota kelompok untuk menggenjot peningkatan populasi sapi lokal," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat, Sri Basuki di Muntok, Kamis.

Ia menerangkan, bantuan sebanyak 62 sapi tersebut terdiri dari 42 ekor betina yang dibagikan kepada tiga kelompok peternak masing-masing mendapatkan 14 ekor ditambah 20 ekor sapi jantan.

"Sebanyak 42 ekor sapi betina merupakan bantuan yang didanai APBN, sedangkan 20 pejantan dianggarkan oleh kabupaten," kata dia.

Selain bantuan itu, kata dia, pemerintah juga merealisasikan program pengguliran induk sapi yang melibatkan lima kelompok peternak dengan jumlah yang berbeda.

Ia mengatakan, penyerahan bantuan sapi merupakan salah satu upaya pemerintah mendukung kegiatan masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan.

Bantuan kepada kelompok peternak diberikan untuk memberikan stimulan positif dalam meningkatkan populasi sapi yang ada di daerah itu.

"Jumlah populasi sapi di Bangka Barat saat ini sebanyak 1.496 ekor sedangkan kebutuhan konsumsi per tahun mencapai 1.500 ekor. Ini belum sebanding," katanya.

Dengan kondisi seperti itu, menurut dia, potensi pengembangan ternak sapi masih sangat terbuka dan menjanjikan mengingat minat kebutuhan pasar yang masih cukup tinggi, terlebih pada hari raya keagamaan harga daging di pasar lokal sangat tinggi dan sulit dikendalikan.

Integrasi sektor pertanian dan peternakan khususnya komoditas sapi merupakan salah satu inovasi pemerintah dalam mengatisipasi inflasi ekonomi masyarakat pascatambang.

Melalui kegiatan ini diharapkan ke depan masyarakat bisa mengalihkan mata pencaharian yang selama ini didonminasi dari sektor pertambangan menuju usaha sektor pertanian dan peternakan.

"Upaya ini butuh dukungan semua pihak karena Bangka Barat memiliki sumber daya alam dan manusia yang bisa diandalkan," katanya.

Sumber: 
antaranews
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta
Editor: 
Mulki

Berita

29/03/2017 | Bag.Komunikasi Humas dan Protokol
29/03/2017 | Bag.Komunikasi Humas dan Protokol
27/03/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
24/03/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
22/03/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
17/03/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
17/03/2017 | Diskominfo Kabupaten Bangka Barat
15/03/2017 | Diskominfo Babar
09/03/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
09/03/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol