Pemkab Bangka Barat gelar pasar murah di Muntok

MuntokĀ  (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pasar murah guna menstabilkan harga sekaligus membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau selama bulan Ramadhan 1439 Hijriah.

"Kegiatan pasar murah yang berlokasi di halaman Kantor Camat Muntok dia Pemkab Bangka Barat bersama Disperindag Provinsi Kepulauan Babel dan sejumlah distributor bahan pangan pokok," kata Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Seviliana di Muntok, Rabu.

Pelaksanaannya pasar murah yang digelar satu hari itu merupakan salah satu komitmen pemerintah dalam menyediakan bahan pangan pokok harga murah sekaligus menjaga kestabilan harga selama bulan puasa Ramadhan.

Menurut dia, tingkat konsumsi kebutuhan bahan pangan pokok masyarakat selama Ramadhan biasanya meningkat sehingga seringkali berpengaruh terhadap lonjakan harga di pasaran.

"Kami berharap pasar murah itu dapat meningkatkan daya beli masyarakat guna memenuhi kebutuhan bahan pokok harian," kata dia.

Menurut dia, kehadiran pasar murah tersebut cukup membantu masyarakat, terutama yang berpenghasilan rendah, karena harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan harga pasar.

Bahan pokok yang ditawarkan, antara lain beras kemasan dijual dengan harga Rp55.000 dan Rp57.000 per lima kilogram, gula pasir PSM Rp11.500 per kilogram, minyak goreng Fortune Rp10.500 per kilogram, tepung terigu segitiga biru Rp8.000 per kilogram, daging kerbau dari Bulog dijual dengan harga Rp80.000 per kilogram.

"Masih ada banyak komoditas yang dijual dengan harga relatif murah dibandingkan harga di tingkat pedagang pengecer," kata dia.

Ratusan warga Kecamatan Muntok tampak memenuhi pasar murah yang digelar sejak pagi hingga siang hari untuk berbelanja berbagai komoditas yang dijual.

"Pasar murah ini dibuka untuk umum sehingga banyak warga yang datang, bahkan beberapa lapak tutup lebih awal karena persediaan habis," katanya.

Sumber: 
babel.antaranews.com
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta