Pemkab Bangka Barat mantapkan persiapan pelaksanaan pemilu

Muntok, Bangka Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantapkan persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 agar berjalan sukses sesuai aturan yang berlaku.

"Pemantapan persiapan melalui rapat koordinasi seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait ini kami harapkan mampu mewujudkan pemilu yang demokratis dan bermartabat," kata Bupati Bangka Barat, Markus di Muntok, Kamis.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh pejabat instansi terkait bersama perwakilan organisasi masyarakat, camat, lurah, penyelenggara, pengawas dan pihak keamanan.

"Rapat koordinasi ini penting agar pelaksanaan pemilu berjalan sukses dan kondusif," ujarnya.

Pelaksanaan Pemilu 2019 merupakan sebuah proses demokrasi yang harus berjalan seperti yang sudah dalam Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan umum yang menuntut proses pemilu berjalan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Hal ini dapat tercapai apabila seluruh komponen bangsa bahu membahu mendukung pelaksanaan pemilu dengan didasarkan pada aturan perundangan yang berlaku dan penghormatan atas hak-hak sebagai warga negara.

Oleh karena itu dalam pelaksanaan pemilu dibutuhkan partisipasi aktif masyarakat sebagai salah satu indikator tingkat kesadaran masyarakat dalam berpolitik.

"Tingkat partisipasi juga sebagai indikator tingkat kesadaran masyarakat dalam berpolitik sebagai cermin tingkat pemahaman politik yang baik," katanya.

Dalam sistem politik yang demokratis ditandai dengan adanya sikap saling menghargai pendapat, menghargai perbedaan, menjunjung tinggi kebersamaan, menjaga ketertiban dan keamanan sehingga tercipta pemilu yang berkualitas.

Melalui rapat koordinasi itu diharapkan terjadi komitmen bersama untuk mewujudkan proses penyelenggaraan pemilu di kabupaten Bangka Barat berjalan sukses dan berkualitas.

"Kami berharap dengan adanya pandangan dan rasa tanggung jawab bersama seluruh masyarakat dan instansi yang terlibat, pelaksanaan pemilu berjalan aman, tertib dan damai," kata Markus.