Pemkab Bangka Barat Menerima Penghargaan SAKIP

Muntok (26/01/2018) Diskominfo. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menerima penghargaan terkait penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 dengan Predikat B yang diselenggarakan di Hotel Redison, Batam, pada hari Kamis (25/1/2018).

Penyerahan penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Drs. H. Yunan Helmi, M.Si., dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur. Penghargaan tersebut merupakan hasil capaian kinerja instansi pemerintah. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan Kementerian PANRB terhadap seluruh Kabupaten serta kota wilayah I yang terdiri dari Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera, Jawa Barat dan Banten.

Laporan hasil evaluasi kinerja yang tertuang dalam SAKIP itu merupakan amanat dari PP Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres Nomor 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Di mana evaluasi Sakip sendiri bertujuan untuk melakukan efisiensi program dan anggaran, sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran program kegiatan dapat tercapai. 

Usai menerima penghargaan, Drs. H. Yunan Helmi, M.Si. mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan aparatur Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan semua unsur masyarakat Bangka Barat pada umumnya.

“Penghargaan ini tidak lepas dari dukungan seluruh pegawai Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat Bangka Barat,” imbuh Drs. H. Yunan Helmi, M.Si.

Menurutnya, dengan adanya penghargaan ini diharapkan tahun 2018 Kabupaten Bangka Barat dapat lebih baik dan meningkatkan kinerja sehingga capaian predikat yang di berikan dapat terus meningkat.

Dalam acara penyerahan penghargaan itu, Menteri PANRB juga meluncurkan aplikasi yang diberi nama E-Sakip Reviu.

"Melalui aplikasi ini, kabupaten/kota tidak perlu lagi datang ke Jakarta untuk konsultasi dan lain sebagainya. Karena melalui aplikasi ini kami dapat melakukan pendampingan dan menjawab konsultasi dari bapak ibu sekalian," kata Menteri PANRB.

Kegiatan itu sendiri berlangsung selama dua hari, mulai Kamis sampai dengan Jumat, 25-26 Januari 2018 dengan diisi dua sesi coaching clinic bagi Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda dan Inspektur Daerah.***

 

 

Sumber: 
Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol Kab. Bangka Barat
Penulis: 
Muhammad Erfan
Editor: 
Muhammad Amrullah

Berita

09/10/2018 | babel.antaranews.com
09/10/2018 | babel.antaranews.com
25/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
24/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
20/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol