PEMKAB BANGKA BARAT MINTA PSB JUJUR

          Muntok, Bangka Barat, 7/6 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Balitung, meminta seluruh sekolah di daerah itu melaksanakan penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran 2012/2013 secara jujur.

         "Jangan sampai dalam PSB terjadi pelanggaran seperti kasus siswa titipan dan uang pelicin yang dapat menodai tujuan pendidikan itu sendiri, ini berbahaya," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Bangka Barat, Rozali di Muntok, Kamis.

         Ia menjelaskan, potensi pelanggaran tersebut tentu ada, namun pihaknya yakin dalam PSB kali ini akan berjalan sesuai ketentuan yang berlaku karena ada tim pengawas yang bertugas memantau pelaksanaan PSB di setiap sekolah.

         Selain itu, komite sekolah juga memiliki peran penting dalam mewujudkan kejujuran pelaksanaan PSB, mereka dapat melaporkan ke Dinas jika ditemukan kasus selama PSB berlangsung.

         "Aturannya kan sudah jelas, seperti untuk tingkat sekolah dasar berdasarkan urutan usia siswa, sementara untuk sekolah lanjutan seperti SMP, SMA dan SMK dapat menggunakan nilau UN dan tes ujian masuk, dari hasil tersebut kan bisa diperiksa kemurniannya," kata Rozali.

    
       80 siswa terjaring tanpa tes
    Sementara itu, SMA Negeri I Muntok, pada PSB tahun ajaran 2012/2013 sudah menerima sebanyak 80 siswa lulusan sekolah lanjutan tingkat pertama tanpa tes.

         "Jalur tanpa tes ini untuk mengakomodasi para siswa lulusan SMP yang memiliki prestasi yaitu memiliki nilai rapor rata-rata minimal tujuh dari semester I sampai semester V," ujar Kepala Sekolah SMA Negeri I Muntok, Bastomi.

         Ia menjelaskan, melalui program tersebut saat ini sudah terjaring sebanyak 80 calon siswa yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Bangka Barat.

         Menurut dia, upaya ini dilakukan untuk menjaring siswa berprestasi di daerah itu sekaligus memberikan penghargaan apa yang sudah diraih para calon siswa yang memiliki prestasi stabil di sekolah masing-masing.

         "Penerimaan siswa baru SMA Negeri I Muntok dilaksakan dua tahap, yaitu tahap tanpa tes untuk siswa berprestasi tersebut dan tahap ke dua melalui tes mata pelajaran IPA dan bahasa inggris bagi siswa yang tidak termasuk berprestasi tersebut," kata dia.

         Menurut dia, kuota siswa baru yang dibutuhkan pada tahun ajaran ini sebanyak 160 orang, namun yang sudah terisi oleh para siswa berpretasi sebanyak 80 orang jadi sisanya melalui jalur tes tinggal 80  tempat.

         Untuk tingkat SMP, SMP Negeri I Muntok baru akan melaksanakan PSB pada 11 sampai 23 Juni 2012 untuk pendaftaran, dilanjutkan tes akademik pada 25 Juni 2012 dan tes kepribadian dilaksanakan dari 26 hingga 28 Juni 2012.

         "Pengumuman hasil tes akan dilaksanakan pada 2 Juli 2012 dan yang dinyatakan lolos berhak mengisi  sesuai daya tampung yaitu sebanyak 203 siswa untuk tujuh kelas," kata Kepala Sekolah SMP Negeri I Muntok, Saudi.

         Ia mengatakan, dalam PSB Kali ini pihaknya akan menerapkan sistim penjaringan dengan mempertimbangkan nilai ujian nasioanal (UN), nilai tes akademik, nilai rata-rata kelas selama empat semester terakhir, tes kepribadian dan prestasi siswa baik dalam bidang olah raga, kesenian maupun prestasi bidang lainnya.

         Menurut dia, PSB dengan mempertimbangkan beragai prestasi dan kemampuan akademik siswa tersebut diharapkan mampu menjaring siswa unggul sehingga mampu menciptakan persaingan sehat dlam proses belajar mengajar.

         "Dengan memiliki prestasi berimbang, tentu akan menghasilkan persaingan sehat dalam kelas yang dapat memacu siswa menjadi lebih kreatif dan cerdas," ujarnya.

         Ia mengharapkan, dalam PSB kali ini tidak ada kecurangan dan tetap mengutakan kejujuran sehingga cita-cita pendidikan nasional dapat tercapai yaitu menciptakan manusia cerdas, jujur dan berkepribadian unggul.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News