PEMKAB BANGKA BARAT PERBAIKI KAMAR PESANGGRAHAN MENUMBING

          Muntok, Bangka Barat, 25/5 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangak Barat, Provinsi Bangka Belitung pada 2013 akan memperbaiki sebanyak 40 kamar di kompleks Pesanggrahan Menumbing dalam upaya mempercantik ikon wisata Kota Muntok tersebut.

         "Anggaran dan rancangan rincian perbaikan sedng kami susun agar dalam pelaksanaan nanti hasilnya tidak mengubah desain awal yang sudah ada," kata Bupati Bangka Barat Zuhri M Syazali di Muntok, Jumat.

         Ia menjelaskan, upaya perbaikan tersebut diharapkan dapat menyediakan penginapan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Muntok seiring masih minimnya penginapan di daerah itu.

         Menurut dia, saat ini Pemkab sedang gencar mengembangka tiga objek wisata andalan di Muntok yaitu Pantai Baturakit, Pantai Tanjung Kalian dan Pesanggrahan Menumbing untuk menarik wisatawan lokal dan luar negeri mangunjungi Muntok.

         "Kami berharap pada awal 2014 Wisma Menumbing berada dalam komplek Pesanggrahan Menumbing sudah dapat dioperasikan dan tempat pengasingan Bung Karno pada masa perjuangan tersebut mampu menyedot banyak wisatawan yang berkunjung dan menginap di tempat itu," ujarnya.

         Ia mengatakan, saat ini Pemkab sedang melakukan renovasi dan pembangunan sarana penunjang lain di ikon wisata Bangka Barat tersebut dengan pembangunan seperti tujuh unit gazebo, tempat parkir di Pos I, anjungan dan tugu kawasan di simpang arah Menumbing yang diharapkan selesai pada tahun 2012 ini.

         Menurut dia, Pemkab sebagai pengelola Pesanggrahan Menumbing memiliki tanggung jawab sepenuhnya terhadap aset sejarah nasional tersebut dan akan terus berupaya meningkatkan fasilitas yang ada.

         "Selain pembangunan fasilitas baru, kami juga sudah mengajukan ke Pemerintah Provinsi untuk biaya rencana pemugaran gedung utama yang ada untuk dikembalikan seperti semula karena saat ini masih banyak yang rusak karena termakan usia dan kurang perawatan," ujarnya.

         Ia mengatakan, upaya pemugaran gedung utama dan penginapan juga akan dibarengai dengan penyediaan instalasi untuk air bersih di kawasan objek pariwisata andalan Bangka Barat tersebut dengan harapan para pengunjung akan semakin nyaman berada di Bukit Menumbing yang letaknya tidak terlalu jauh dengan pusat Kota Muntok.

         "Kami juga sedang mengupayakan perbaikan jalan yang ada dan diharapkan pada 2012 Dinas Pekerjaan Umum Bangka Barat dapat menyelesaikan perbaikan itu tepat waktu," ujarnya.

         Ia mengatakan, anggaran untuk perbaikan jalan tersebut berasal dari Pemprov Babel sebesar Rp9 miliar.

         "Peningkatan pelayanan untuk kenyamanan pengunjung tetap kami jadikan prioritas utama, memang saat ini belum ada promosi besar-besaran untuk wisata Bangka Barat karena kami masih dalam proses persiapan, namun jika semuanya sudah selesai dan siap untuk 'dijual' tentu kami akan mengencarkan promosi tersebut," demikian Zuhri.

Sumber: 
Antara
Penulis: 
Antara