Pemkab Bangka Barat siapkan 1.870 paket bahan pangan murah

Muntok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat  menyiapkan 1.870 paket bahan pangan pokok murah untuk membantu keluarga miskin menghadapi Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Bantuan bahan pangan murah itu akan kami salurkan kepada keluarga miskin pada 34 desa dan kelurahan, masing-masing desa dialokasikan sebanyak 55 paket," kata Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Seviliana di Muntok, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu.

Paket bahan pangan pokok murah terdiri dari beras lima kilogram, minyak goreng satu liter, dan gula pasir satu kilogram tersebut akan disalurkan kepada penerima dengan harga Rp20.000 per paket.

"Harga tersebut memang cukup murah karena pada intinya kami ingin membantu warga mendapatkan kebutuhan pangan murah," ujarnya.

Untuk menyalurkan bantuan tersebut, pemkab bekerja sama dengan pemerintah desa dan camat setempat untuk pendataan keluarga yang masuk kategori.

Para calon penerima kemudian diberikan kupon yang nantinya ditukar dengan paket pada saat distribusi di desa-desa.

"Pola seperti itu cukup efektif dan lebih tepat sasaran karena pemerintah desa yang lebih memahami kondisi warganya," katanya.

Sebagai tahap awal, bantuan bahan pangan murah akan disalurkan ke seluruh desa di Kecamatan Simpangteritip pada minggu depan.

Sumber: 
antaranews.com
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta