Pemkab Bangka Barat siapkan pasar murah jelang Idul Fitri

Muntok, Bangka Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan kegiatan pasar murah yang menjual sembilan bahan pangan pokok untuk membantu warga miskin menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Pasar murah akan kami laksanakan di seluruh kecamatan dengan sasaran keluarga miskin," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian kabupaten Bangka Barat, Miwani di Muntok, Kamis.

Pasar murah yang dilakukan merupakan salah satu upaya pemerintah daerah setempat dalam mengontrol harga kebutuhan pangan pokok yang biasanya melambung tinggi pada saat memasuki Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri.

"Kami rencanakan pada tahap awal dimulai pada 22 Mei 2019 dengan menyasar warga di Kecamatan Simpangteritip dan berlanjut hingga selesai enam kecamatan di seluruh Bangka Barat," ujarnya.

Ia menjelaskan, harga berbagai kebutuhan bahan pangan pokok yang dijual pada pasar murah dipastikan akan lebih murah dibandingkan harga pasar, rata-rata Rp3.000 per kilogram.

Harga yang ditawarkan bisa lebih murah karena pihaknya bekerja sama langsung dengan para distributor yang biasa mendistribusikan bahan ke daerah itu.

"Dengan adanya pasar murah bahan pangan tersebut kami berharap masyarakat, terutama warga miskin bisa terbantu dalam memenuhi berbagai kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah," katanya.

Selain akan mendistribusikan paket berisi bahan pangan pokok, menjelang Idul Fitri Pemkab setempat juga akan mendistribusikan daging sapi murah. "Daging sapi nantinya akan kami jual dengan harga sekitar Rp75.000 per kilogram," ujarnya.

Sumber: 
babel.antaranews.com
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta