PEMKAB BANGKA BARAT TINGKATKAN INSENTIF KETUA RT

         Muntok, Bangka Barat, 1/6 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, akan meningkatkan insentif bagi ketua rukun tetangga (RT) dan ketua rukun warga (RW) di Kecamatan Muntok agar semakin termotivasi melayani warga.

         "Kami menyadari insentif untuk para ketua lingkungan yang saat ini nilainya hanya Rp75 ribu masih sangat kecil dan tidak sebanding dengan beban pengabdian mereka dalam melakukan pelayanan," ujar Bupati Bangka Barat Zuhri M Syazali di Muntok, Jumat.

         Ia mengatakan, dana untuk meningkatkan insentif pengurus lingkungan se-Kecamatan Muntok yang jumlahnya lebih dari 100 orang tersebut akan diambilkan dari anggaran operasional Bupati dan Wakil Bupati.

         Menurut dia, besaran insentif belum diketahui, namun yang pasti akan ada kenaikan yang nilainya lebih dari Rp100 ribu dan akan diberlakukan secepatnya setelah pembahasan dengan sekretaris daerah dan DPRD setempat.

         "Ini upaya nyata Pemkab memberikan perhatian dan rasa terima kasih atas pengabdian tulus para pelayan masyarakat tersebut," ujarnya.

         Ia mengatakan, pembangunan tidak akan berjalan tanpa adanya partisipasi dan peran aktif para Ketua RT/RW dan ketua lingkungan karena mereka ujung tombak penampung aspirasi yang langsung bersentuhan dengan warga di daerah itu.

         Menurut dia, peningkatan jumlah insentif diharapkan mampu memberikan motivasi para abdi mayarakat ini untuk semakin mendedikasikan diri demi mewujudkan masyarakat Bangka Barat yang mandiri dan sejahtera sekaligus mewujudkan Muntok sebagai kota yang tertib, indah, menarik, aman serta harmonis.

         "Insentif akan kami berikan seperti yang sudah berjalan selama ini yaitu per enam bulan sekali, dengan pertimbangan jika diberikan setiap bulan sekali nilainya terlalu kecil dan rasanya kurang 'sreg'," ujarnya.

         Selain akan meningkatkan insentif, kata dia, Pemkab juga akan memberikan seragam bagi seluruh pejabat yang telah diberi kepercayaan warga dan dipilih secara demokratis tersebut, seragam tersebut dapat dipakai pada saat kegiatan resmi tingkat kecamatan atau kabupaten.

         Hal ini disampaikan Bupati menanggapi keluhan para Ketua RT/RW dan ketua lingkungan di Kecamatan Muntok yang mengungkapkan insentif mereka saat ini sangat kurang dan kebanyakan habis untuk operasional pelayanan kepada masyarakat seperti penggandaan berbagai formulir, konsumsi kegiatan masyarakat yang bersifat umum dan dadakan serta kegiatan tak terduga lainnya.

         "Kami akan upayakan ada kenaikan insentif untuk para Ketua RT/RW dan ketua lingkungan lainnya sebagai wujud terima kasih atas dedikasi, kesabaran dan pengayoman mereka sehingga tercipta situasi kondusif di lingkungan masing-masing," ujarnya.

         Ia mengatakan, dengan terwujudnya situasi lingkungan kondusif dan tidak terjadi gejolak apapun di tingkat paling dasar, tujuan pembangunan daerah akan tercapai dalam waktu dekat sehingga terwujud Bangka Barat yang mandiri dan sejahtera.

Sumber: 
Antara
Penulis: 
Antara