PEMKAB BANGKA BARAT TINGKATKAN KOORDINASI ANTARPAMONG

Bangka Barat, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya meningkatkan koordinasi antarpamong untuk mempercepat terwujudnya pembangunan menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

"Kooordinasi antarlini ini cukup penting untuk mengetahui kondisi riil di lapangan sehingga pemerintah mengetahui apa yang diinginkan masyarakat, begitu pula sebaliknya," ujar Bupati Bangka Barat Zuhri M Syazali di Kelapa, Selasa.

Ia mengatakan, kooordinasi antarpamong desa dengan kecamatan dan pemkab itu merupakan ajang untuk meningkatkan sinergitas dan evaluasi antarlini dengan harapan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai yang diharapkan.

Hal ini dikatakan Zuhri saat melakukan kegiatan bina pamong dan silaturahim dengan aparatur pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan di Kecamatan Kelapa.

"Rapat koordinasi dan silaturahim ini kami harapkan dapat lebih meningkat pembinaan dan hubungan masyarakat dengan pemerintah yang lebih efektif sehingga perkembangan dan informasi di desa melalui perangkat desa dapat lebih cepat sampai ke pemerintah kabupaten," kata dia.

Selain itu, kata dia, koordinasi yang terus terbina dengan baik, diharapkan juga mampu mengetahui kondisi masyarakat lebih maksimal sehingga perangkat desa pun lebih mengetahui kondisi dan permasalahan warganya.

"Dengan berkoordinasi seperti ini kita dapat menemukan solusi terhadap permasalahan yang muncul di masyarakat, sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru dan rencana pembangunan bisa berjalan lancar," kata dia.

Pada kesempatan itu bupati berharap kepada seluruh unsur pemerintahan, pemerintah desa dan pemerintah kecamatan agar dapat menciptakan sistem yang baik untuk meminimalkan kemungkinan adanya permasalahan yang muncul di masyarakat dan dapat menyelesaikannya dengan cepat dan tepat.

Ia menambahkan, kegiatan koordinasi bina pamong itu diharapkan bisa menjadi jembatan antara pemerintah daerah, unsur-unsur masyarakat, pemerintahan desa dan masyarakat untuk dapat memberikan informasi yang maksimal terhadap potensi desa dalam bidang apapun.

"Kami yakin jika kooordinasi antarlini terjalin dengan baik, pertumbuhan ekonomi juga akan sejalan dengan itu, bahkan bisa lebih cepat tumbuh dan berkembang," kata dia.

Dengan adanya koordinasi yang baik, kata dia, pelayanan kepada masyarakat juga akan lebih maksimal sehingga masyarakat bisa menjadi lebih produktif yang pada akhirnya akan berpengaruh paa pedapatan asli daerah yang terus meningkat.

 

Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Sumber: 
Antaranews