Pemkab Bangka Barat tingkatkan kualitas perpustakaan sekolah agar menarik

Muntok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah agar semakin menarik untuk dikunjungi.

"Peningkatan kualitas perpustakaan sekolah akan sangat menunjang upaya pemerintah dalam meningkatkan minat baca masyarakat, terutama pada pelajar," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, M Soleh di Muntok, Selasa.

Menurut dia, ketersediaan perpustakaan sekolah yang berkualitas akan mendorong peran yang lebih eksis dan memudahkan dalam upaya pembinaan dan pengembangan minat baca di sekolah.

"Kami akan terus mendorong pengelola sekolah untuk menyediakan perpustakaan sekolah berkualitas dan menjadi pusat sumber informasi, pengasahan, pengayaan nalar intelektual dan pembentuk peradaban," katanya.

Peningkatan kualitas perpustakaan sekolah itu merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan minat baca para pelajar di daerah itu.

Masih rendahnya minat baca masyarakat di daerah itu perlu menjadi perhatian bersama agar generasi mendatang semakin siap menghadapi tantangan ketatnya persaingan di era kesejagatan.

Ia mengatakan, pembinaan dan pengembangan untuk membudayakan membaca sesuai Undang Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dilakukan dalam tiga jalur, yaitu jalur keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

Melalui jalur keluarga pembudayaan kegemaran membaca akan lebih berhasil jika diperkenalkan sedini mungkin bahkan sejak dalam kandungan.

"Orang tua sebaiknya membiasakan kegemaran membaca sehingga anak-anak bisa mencontoh kebiasaan orang tua," katanya.

Selanjutnya, budaya membaca juga bisa dimulai dari jalur pendidikan, dimulai dari dalam kelas dan optimalisasi fasilitas perpustakaan sekolah.

"Selain penyediaan berbagai bahan bacaan berkualitas, pengelola perpustakaan dan pihak sekolah juga dituntut kreatif dalam memotivasi peserta didik agar gemar baca melalui berbagai kegiatan edukatif dan menyenangkan," katanya.