Pemkab Bangka Barat verifikasi kelompok nelayan calon penerima bantuan

Muntok (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan verifikasi kelompok nelayan calon penerima bantuan mesin tempel kapal.

"Kami berharap bantuan yang sudah disiapkan, berupa 35 unit mesin tempel kapasitas 15PK tepat sasaran dan benar-benar bermanfaat bagi para anggota kelompok," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Yopie Mardiana di Muntok, Rabu.

Bantuan sebanyak 35 unit mesin tempel tersebut merupakan program Kantor Kecamatan Parittiga yang dalokasikan melalui anggaran Pengembangan Infrastruktur Kecamatan (PIK) 2018.

"Karena program ini merupakan PIK Parittiga, maka nantinya bantuan akan disalurkan kepada kelompok nelayan yang berada di beberapa desa di kecamatan tersebut," kata dia.

Dalam kegiatan bantuan itu, pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan hanya bertugas sebagai tim verifikasi agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran.

Menurut dia, pola bantuan kepada kelompok nelayan melalui PIK seperti yang dilakukan Kecamatan Parittiga pada tahun ini merupakan kali pertama di daerah itu.

"Ini merupakan program percontohan yang bisa diterapkan kecamatan lain, kami mendukung untuk pemberdayaan dan pembinaan warga nelayan," katanya.

Ia memerkirakan tahun depan akan banyak lagi bantuan kepada kelompok nelayan yang disalurkan pemerintah melalui kegiatan PIK.

"Hampir seluruh kecamatan sudah mengusulkan untuk direalisasikan tahun depan, kami berharap dukungan pemerintah bisa memotivasi nelayan agar semakin serius menggeluti usahanya dan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan," katanya.

Sumber: 
babel.antaranews.com
Penulis: 
Donatus