Pemkab Bangka Tengah Terapkan Perpustakaan Sistem Digital

Koba, Bangka Tengah, 27/4 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, akan menerapkan perpustakaan sistem digital untuk mempermudah para pengujung dalam mencari buku yang dibutuhkan.

"Saat ini sistem yang dibutuhkan untuk perpustakaan digital sudah tersedia dan tinggal menunggu pembangunan gedungnya yang diharapkan waktu dekat selesai karena rencana pembangunannya dimulai Mei," ujar Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Bangka Tengah, Soleh Achmad di Koba, Jumat.

Ia mengatakan, untuk mencari buku yang dibutuhkan para pengunjung perpustakaan itu nantinya  cukup memasukkan judul buku pada sistem  komputer yang tersedia, apabila judul yang dicari tersedia, maka akan langsung muncul di layar komputer.

"Saya berharap melalui penerapan perpustakaan sistem digital, ke depanya minat masyarakat  khususnya di Kabupaten Bangka Tengah meningkat dibandingkan saat ini karena melalui membaca mereka bisa memperoleh berbagai informasi terbaru tentang perkembangan ilmu pengetahuan," ujarnya.

Pemkab Bangka Tengah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat diantaranya melalui program sedekah buku, perpustakaan keliling, sosialisasi ke sekolah-sekolah dan lainnya dengan harapan ke depannya kualitas sumber daya manusia daerah itu lebih baik.

Selain itu, kata dia, pemkab juga telah membangun perpustakaan desa dan lainnya karena peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu program unggulan dari tiga program lainnya yang harus direalisasikan tahun ini.

Tiga program unggulan tersebut yakni kesehatan, pertanian dan perkebunan untuk menyukseskan pembangunan dan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, penerapan perpustakaan sistem digital pada perpustakaan umum daerah seharusnya sudah terealisasi, namun dikarenakan terkendala belum adanya gedung, maka penerapannya  harus ditunda hingga pembangunan gedungnya selesai.

"Tertundanya pembangunan gedung perpustakaan umum daerah karena sebelum Mr Ape pendiri hotel Novotel Bangka pernah menjanjikan akan membantu pemkab membangun gedung perpustakaan pada Mei dan diharapkan janji itu  dapat terealisasi sesuai dengan harapan," ujarnya.

Ia  mengatakan, perpustakaan beserta berbagai aplikasi yang diterapkan untuk  mempermudah pemberian pelayanan kepada para pengunjung merupakan salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Untuk itu, kata dia, rencana penerapan perpustakaan sistem digital pada perpustakaan umum daerah dapat terealisasi sesuai dengan yang diharapkan  sehingga sumber daya manusia khususnya generasi muda di Kabupaten  Bangka Tengah memiliki wawasan luas sehingga mampu bersaing di era globalisasi.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News