PEMKAB MINTA INVESTOR PERHATIKAN POTENSI DESA

          Muntok, Bangka Barat, 5/6 (ANTARA) - Pemkab Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung meminta para investor yang akan membangun industri di Air Putih, Kecamatan Muntok memperhatikan potensi dan penetapan desa tersebut sebagai desa mandiri industri dan pariwisata.

         "Kami telah menetapkan Air Putih sebagai desa mandiri yang memiliki potensi industri dan pariwisata," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Bangka Barat, Sidharta Gautama di Muntok, Selasa.

         Sehingga ke depan, ujarnya seluruh industri diwajibkan melaksanakan kewajibannya mendukung kepariwisataan yang sudah dikelola pemerintah desa setempat.

         Ia menjelaskan, upaya kepedulian dari para investor tersebut dapat diimplementasikan dalam rencana pembangunan kawasan industri yang disesusaikan dengan rencana tata ruang dan wilayah yang ada di Bangka Barat.

         Selain itu, kata dia, hendaknya pembangunan kawasan industri juga memperhatikan sisi keindahan, keasrian dan memiliki nilai estetika tinggi sehingga wisatawan yang datang ke tempat tersebut betah tanpa ada gangguan dari aktivitas industri.

         "Ini perlu diperhatian para investor, jangan semena-mena dalam membangun industrinya, mereka harus memperhatikan sisi keindahan dan sebaiknya melibatkan Pemerintah Desa setempat dalam perencanaan pembangunan sehingga tidak terjadi tumpang tindih kepentingan," ujarnya.

         Dengan terwujudnya keindahan, kata dia, tidak hanya wisatawan yang datang saja yang dapat menikmati keindahan yang ada, namun para pekerja dan relasi industri yang bersangkutan juga merasa nyaman melakukan aktivitas bisnis di daerah itu.

         "Hal ini tentu membawa dampak positif bagi perkembangan pembangunan daerah dan para investor untuk mengembangkan bisnisnya," ujarnya.

         Ia mengatakan, selain memperlancar industri yang ada diharapkan terciptanya keasrian kawasan tersebut membawa dampak positif bagi perkembangan kepariwisataan yang ada dan dapat dimanfaatkan warga di daerah itu mengembangkan industri rumahan sebagai penunjang sektor pariwisata.

         "Kami sengaja menjadikan Desa Air Putih, Kecamatan Muntok sebagai desa mandiri dengan potensi industri dan pariwisata sesuai potensi yang dimiliki desa tersebut," ujarnya.

         Menurut dia, pada 2012 desa Air Putih akan ditetapkan sebagai desa mandiri deengan mengembangka potensi industri sebagai pendukung kepariwisataan, hal ini perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak karena warga di daerah itu sebgian besar sudah menjadikan sektor pariwisata sebagai mata pencaharian utama.

         Ia mengatakan, dengan letak geografis yang dimiliki, desa tersebutmemang memiliki prospek bagus untuk ditetapkan sebagai desa wisata karena potensi keindahan pantai dan tempat wisata sejarah yang dimiliki.

         "Kami berharap banyak desa tersebut cepat berkembang sehingga dapat dijadikan contoh bagi desa lain yang memiliki potensi pariwisata karena potensi tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif penunjang perekonomian warga pascatimah," ujarnya.  
    Ia mengatakan, potensi ekonomi sektor pariwisata tidak hanya terletak pada keindahan obyek pariwisatanya, namun banyak bertumpu pada sektor pendukung lainnya seperti industri kerajinan, jasa, pemandu wisata, transportasi dan bidang usaha lainnya.

         "Sektor inilah yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kesejahteraan warga sehingga terwujud masyarakat yang madiri dan sejahtera," kata Sidharta.

Sumber: 
Antara
Penulis: 
Antara