PEMKAB PRIHATIN MINAT BACA MASYARAKAT RENDAH

Muntok, Bangka Barat, 9/2 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, merasa prihatin dengan minimnya minat baca masyarakat setempat terbukti dengan jumlah pengunjung perpustakaan daerah yang masih rendah.

"Pengunjung Perpustakaan Daerah rata-rata hanya 40 sampai 50 orang per hari, tidak sebanding dengan ketersediaan buku yang mencapai 4.039 judul buku, dengan jumlah keseluruhan buku sebanyak 8.317 eksemplar," ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Bangka Barat, Rukiman di Muntok, Kamis.

Ia menjelaskan, perlu adanya gerakan untuk meningkatkan animo masyarakat gemar baca buku, seperti kegiatan lomba menulis, diskusi dengan penulis buku, pameran buku dan lainnya agar masyarakat terutama para pelajar terbiasa dengan buku.

Menurut dia, budaya masyarakat setempat yang lebih mementingkan bekerja untuk mencari nafkah dari sektor perkebunan, pertambangan, perdagangan dan nelayan, mengakibatkan minimnya waktu membaca buku dan surat kabar.

"Butuh kerja keras untuk mengubah pola pikir masyarakat menjadi gemar baca buku, namun kami akan terus berusaha mengatasi masalah tersebut dengan mewajibkan setiap siswa dari seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Muntok untuk berkunjung ke Perpustakaan Daerah secara bergilir" ujarnya.

Selain itu, katanya, Pemkab sedang menggalakkan pembangunan taman bacaan dan perpustakaan desa/kelurahan dan bermaksud melombakannya untuk merangsang peran serta masyarakat ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Kami juga telah menyebar proposal ke perusahaan yang beroperasi di wilayah Bangka Barat untuk menyalurkan sebagian dana 'corporate social responsibily' (CSR) sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat, berupa pembangunan taman bacaan atau minimal menyumbang buku untuk melengkapi koleksi perpustakaan di sekitarnya," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini jumlah perpustakaan di Bangka Barat sebanyak 13 unit yang tersebar di enam kecamatan, meliputi Kecamatan Muntok, Simpang Teritip, Tempilang, Kelapa, Jebus dan Parittiga, dengan jumlah penduduk sekitar 139.000 jiwa.

Sementara itu, dalam mendukung upaya merangsang minat baca dan memotivasi para pelajar mencintai buku, Pemkab Bangka Barat akan menghadirkan Andy F Noya (Pengasuh acara televisi 'Kick Andy') yang juga menjadi duta baca nasional untuk memberikan motivasi masyarakat gemar membaca.

"Kami rencanakan kegiatan tersebut sekitar April atau Mei 2012, untuk tanggalnya masih menunggu karena harus menyesuaikan jadwal kesibukan Andy," ujarnya.

Selain Andy F Noya di acara diskusi dengan tema 'Membaca Bikin Tambah Pintar', katanya, pihaknya juga akan menghadirkan penulis buku Habiburahman El Shirazy untuk workshop 'Kiat Menulis Novel Best Seller' yang akan digabung dengan kegiatan lomba perpustakaan desa dan pameran buku di Gedung Sriwijaya, Muntok.

"Kami akan mengundang 500 orang yang terdiri dari pelajar, guru, anggota LSM, wartawan, pimpinan redaksi, pustakawan, tokoh adat dan budayawan sebagai peserta diskusi.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News