Pemkab siap gelar Festival Bumi Sejiran Setason

MuntokĀ  (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mematangkan persiapan pergelaran seni bertajuk Festival Bumi Sejiran Setason yang diharapkan dapat menyedot wisatawan datang ke ujung barat Pulau Bangka.

``Selain memberi ruang bagi para pegiat seni, kami juga berharap kegiatan ini bisa memberikan warna tersendiri dalam upaya membangun kepariwisataan daerah,`` kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwasata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno di Muntok, Senin.

Festival Bumi Sejiran Setason merupakan perlombaan seni pertunjukan yang terdiri dari lomba seni tradisi dan lomba seni kreasi yang akan digelar pada 5 hingga 7 Juli 2018 di Lapangan Gelora Muntok.

Dalam festival itu, panitia memberikan ruang bagi para pelaku seni tradisi untuk menunjukan kebolehannya dengan mengikuti lomba campak, dambus, rudat dan rebana yang bisa diikuti pelaku seni di daerah itu.

``Bagi sanggar seni tari kreasi di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kami juga memberikan ruang berekspresi dan berkreasi dalam lomba seni tari kreasi,`` kata dia.

Ia menambahkan, hingga saat ini panitia sudah menerima sekitar 30 sanggar seni yang menyatakan ikut dalam festival seni yang menyediakan hadiah total sekitar Rp90.000.000 tersebut.

Menurut dia, festival itu akan dijadikan agenda tahunan yang diharapkan mampu meningkatkan keterampilan para pelaku seni dalam berkarya dan berkreasi sehingga mampu memperkaya khasanah budaya nasional.

Selain itu, festival seni itu juga sebagai upaya pelestarian nilai budaya lokal agar semakin diminati masyarakat.

``Melalui kegiatan ini kami harapkan upaya pembangunan budaya melalui pembinaan kelompok dan sanggar bisa berkelanjutan dan bisa memberikan sumbangsih dalam meningkatkan kepariwisataan daerah`` katanya.

Sumber: 
babel.antaranews.com
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta

Berita

13/09/2018 | DISKOMINFO
10/09/2018 | AntaraNews
07/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan protokol
06/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
04/09/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
29/08/2018 | babel.antaranews.com
29/08/2018 | babel.antaranews.com
25/08/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan protokol