PEMKAB SLEMAN MENJADI LOKUS BENCHMARKING DIKLATPIM IV KABUPATEN BANGKA BARAT TAHUN 2019

BKPSDMD,(09/09). Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka Barat Drs. Heru Warsito beserta rombongan peserta diklatpim tingkat IV Tahun 2019, baru-baru ini melakukan visitasi ke Pemkab Sleman dalam rangka kegiatan Benchmarking ke Best Practise yang merupakan rangkaian kegiatan agenda pembelajaran bagi peserta pim IV.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 (empat) hari yaitu pada tanggal 3 s.d 6 September 2019 tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung praktik terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Pemkab Sleman yang difokuskan pada 2(dua) lokus kegiatan yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika dan Badan Perencaanaan dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Setibanya di Pemkab Sleman, Drs. Heru Warsito yang sekaligus selaku pimpinan rombongan, disambut langung oleh Anton Sujarwa, SH., M.Si selaku Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Kab. Sleman di kantornya. Tak berselang lama setelah keduanya saling memperkenalkan diri, Drs. Heru Warsito pun menyampaikan maksud kedatangannya beserta rombongan peserta diklatpim Tk. IV Kabupaten Bangka Barat dan peserta pun segera diarahkan menuju Ruang AULA BKPP Kabupaten Sleman yang berada di lantai III.

Pada Acara Penyambutan yang dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Purwatno Widodo, SH. CN tersebut, Drs. Heru Warsito diberikan kesempatan terlebih dahulu untuk menyampaikan sambutan tertulis Bupati Bangka Barat. Mengawali sambutannya Heru Warsito menyampaikan salam hormat Bupati Bangka Barat Bapak Markus, SH Kepada Bupati Sleman beserta Jajaran dan permintaan maafnya karena seyogyanya beliau berkeinginan hadir acara tersebut, namun dalam waktu yang bersamaan Bupati Bangka Barat ada kegiatan yang tidak bisa diwakilkan. Dalam sambutannya Markus, SH menyampaikan bahwa Pemilihan Kabupaten Sleman sebagai tujuan kegiatan benchmarking didasari pada keberhasilan dan keunggulan Pemkab Sleman dalam mencitpakan inovasi sistem penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sehingga pelayanan publik dapat diwujudkan secara efektif dan berkualitas, karena itu Pemkab Sleman sangatlah patut untuk menjadi acuan bagi peserta diklatpim guna melihat dan mengamati praktik terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan yang ada di lokus kegiatan melalui lesson learn. Bupati Bangka Barat berharap kiranya peserta dapat mencermati berbagai inovasi dan praktik terbaik untuk diadopsi dan diimplementasikan ke dalam penyelenggaraan tugas dan fungsinya guna mewujudkan pelayanan yang berkualitas. Diakhir sambutannya Bupati Bangka Barat menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya atas kerjasama dan kesediaan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam memfasilitasi kegiatan ini, semoga kerjasama ini menjadi jembatan persahabatan sesama anak bangsa guna memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI.

Hal senada disampaikan oleh Bupati Sleman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Purwatno Widodo, SH. CN, Ia mengatakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Sleman atas kunjungan rombongan peserta diklatpim IV Kabupaten Bangka Barat, karena melalui forum ini kita dapat saling berbagi pengalaman dan wawasan tentang pelaksanan tugas pemerintahan dan pembangunan yang lebih baik. Untuk mengoptimalisasikan kinerja aparatur sejak Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Sleman telah menerapkan sistem informasi manajemen berbasis teknologi dan informasi sehingga proses penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan secara efektif, cepat dan akuntabel. Pengintegrasian sistem informasi manajamen di berbagai layanan pemerintahan adalah tujuan dalam pencapaian visi kabupaten Sleman yakni “Terwujudnya Masyarakat Sleman Yang Lebih Sejahtera, Mandiri, Berbudaya dan Terintegrasinya Sistem e-Government Menuju Smart Regency(Kabupaten Pintar) Tahun 2020”. Di era kemajuan teknologi informasi saat ini sudah seharusnya kita meninggalkan hal-hal yang bersifat konvensional dalam proses penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi, kata Purwatno Widodo mengakhiri sambutan tertulisnya. Setelah pembacaan Sambutan Tertulis kedua Kepala Daerah selesai, acarapun dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh kedua perwakilan pemerintah daerah.

Pada kesempatan yang berbeda di akhir sesi kegiatan Drs. Heru Warsito mengingatkan kembali kepada panitia dan seluruh peserta diklat “Temen-temen(sapaan kepada peserta diklat) sebagai aparatur negara yang melaksanakan tugas pelayanan publik, diharapkan dapat terus meningkatkan kompetensi yang wajib saudara miliki, baik itu kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosiokultural. Apalagi saat ini kita berada pada era revolusi indistri 4.0 (four point zero) yang ditandai dengan perkembangan industri teknologi digital yang semakin canggih. Karena itu saya berharap agar saudara menjadi agen of change dalam menciptakan inovasi terbaharukan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Bangka Barat” imbuhnya. (INKA-BKPSDMD).

 

Sumber: 
BKPSDMD