Pemprov Babel akan salurkan 1,6 juta bibit lada putih

Bangka Barat (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2019 akan menyalurkan bantuan 1,6 juta bibit lada putih kepada petani, sebagai upaya mengembalikan kejayaan komoditas khas perkebunan daerah itu di pasar dunia.

"Pada 2020 nanti, kita akan meningkatkan bantuan lada ini sebanyak 6 juta bibit," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Juaidi saat menyerahkan bantuan pupuk kepada kelompok tani lada di Kecamatan Simpang Tiga, Minggu.

Ia mengatakan bantuan bibit, pupuk dan sarana perkebunan lada ini sebagai upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan animo petani untuk lebih bersemangat mengembangkan usaha perkebunan ladanya dengan baik dan benar.

"Apabila pengelolaan perkebunan ini dilakukan dengan baik dan benar, tentu akan meningkatkan kualitas dan produksi lada ini," ujarnya.

Menurut dia bantuan bibit lada berkualitas ini salah satu upaya pemerintah provinsi dalam mengembalikan kejayaan lada putih Bangka Belitung di pasar dunia yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan, karena produksi lada petani berkurang.

"Saat ini lada Vietnam yang menguasai pasar dunia, karena produksi lada petani di negara tersebut mengalami peningkatan signifikan," katanya.

Ia menambahkan pengembangan dan peningkatan produksi lada putih ini, karena minat dan permintaan pasar dunia terhadap lada putih Bangka Belitung yang tinggi.

"Lada kita memiliki keunggulan yang tidak dimiliki lada dari daerah dan negara lainnya. Lada Bangka Belitung atau lebih dikenal muntok white pepper memiliki aroma yang khas dan kepedasan yang sangat baik," katanya. 

Sumber: 
babel.antaranews.com
Penulis: 
Aprionis