Pengawasan Ante dan Post Mortem Hewan Qurban

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat melalui bidang peternakan, melakukan kegiatan pengawasan terhadap hewan qurban di beberapa titik di Kabupaten Bangka Barat pada hari raya Idul Adha 1441 H.  Kegiatan ini juga mengikut sertakan tim dari Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari kedua.

                Pelaksanaan pengawasan hari pertama dikecamatan Muntok berlokasi di Kodim 0431 Bangka Barat dan Polres Bangka Barat.  Untuk dikecamatan Jebus dan Parittiga dilaksanakan di masjid di beberapa Desa.  Pada hari kedua pengawasan dilaksanakan di Perkantoran Pemkab Bangka Barat, dan beberapa masjid di Desa Belo Laut Kecamatan Muntok.  Selain di Kecamatan Muntok, kegiatan pengawasan juga dilaksanakan dimasjid di beberapa Desa diwilayah Kecamatan Parittiga,Kelapa dan Tempilang. Pada hari kedua pengawasan, turut serta petugas pengawas dari Dinas Pertanian Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

                Pada kegiatan pengawaasan ini dilakukan pemeriksaan Ante Mortem dan Post Mortem terhadap hewan qurban yang akan dipotong.  Pemeriksaan ante mortem bertujuan untuk :

  1. Mencegah pemotongan hewan secara nyata menunjukkan gejala klinis penyakit hewan menular dan zoonosis atau tanda-tanda yang menyimpang;
  2. Mendapatkan informasi untuk keperluan pemeriksaan post mortem dan penelusuran penyakit didaerah asal ternak;
  3. Mencegah kontaminasi dari hewan / bagian hewan yang menderita penyakit kepada petugas pemotongan dan lingkungan;
  4. Menentukan status hewan dapat dipotong, ditunda atau tidak boleh dipotong;
  5. Mencegah pemotongan hewan betina produktif;
  6. Memberikan jaminan bahwa karkas, daging dan jeroan yang dihasilkan aman dan layak (diedarkan/dikonsumsi);
  7. Mencegah beredarnya bagian/jaringan abnormal yang berasal dari pemotongan hewan sakit misalnya pada kasus cacingan, cysticercosis, brucellosis;
  8. Memberikan informasi untuk penelusuran penyakit  di daerah asal ternak.

               

Berdasarkan hasil pengawasan selama dua hari tersebut, hewan qurban yang dipotong telah dinyatakan lulus pemeriksaan ante mortem dan post mortem, sehingga aman, dan layak untuk diedarkan/dikonsumsi.

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat
Penulis: 
Dessy Parlina, S.Pt
Fotografer: 
: Dessy Parlina, S.Pt
Editor: 
Wahyu Pratiwi