PENGGALANGAN KOMITMEN AKREDITASI PUSKESMAS SIMPANG TERITIP

Muntok (21/04/2017) KOMINFO. Penguatan pelayanan kesehatan merupakan salah satu fokus yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat yang meliputi peningkatan akses dan pelayanan kesehatan. Untuk mencapai itu semua, jum’at (21/04) Puskesmas Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat melaksanakan kegiatan Penggalangan Komitmen Akreditasi. Hal ini bertujuan untuk menyamakan pemahaman dan persepsi tentang akreditasi Puskesmas, sekaligus secara bersama-sama membuat Komitmen untuk menyukseskan berbagai tahapan proses akreditasi.

Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH. yang hadir pada acara Penggalangan Komitmen Akreditasi Puskesmas Kecamatan Simpang Teritip berkesempatan  memimpin pembacaan ikrar Komitmen bersama akreditasi  untuk peningkatan mutu pelayanan dan melakukan penandatanganan pada papan komitmen akreditasi. Hal ini menandakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Barat  sangat mendukung kegiatan akreditasi Puskesmas dan berkomitmen mensukseskan agar seluruh puskesmas di Kabupaten Bangka Barat dapat meraih status terakreditasi.

Pelaksanaan proses akreditasi ini mengacu kepada peraturan Menteri Kesehatan nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, tempat praktik mandiri Dokter, dan Dokter Gigi. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan tersebut akreditasi merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan kinerja Puskesmas. Pelaksanaan Akreditasi  di Puskesmas mencakup 3 komponen besar penilaian  yaitu Administrasi Manajemen, Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dengan komponen penilaianya terdiri atas 9 BAB, 42 standar dan 776 elemen penilaian.

Dalam sambutannya Wakil Bupati  ingin seluruh fasilitas pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan yang sudah ada agar dapat meningkat dan terstandar mutu pelayanannya. Jika Puskesmas terakreditasi maka diharapkan akan ada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Puskesmas tersebut.

“Berikan pelayanan terbaik kepada setiap masyarakat Bangka Barat tanpa membeda-bedakan asal usul dan setatusnya.” Ujar Wakil Bupati dalam pidato sambutannya.

Di Kabupaten Bangka Barat sudah ada 2 (dua) Puskesmas yang terakreditassi yaitu Puskesmas Kelapa Kecamatan Kelapa, dan Puskesmas Sekar Biru Kecamatan Parit Tiga. Kedua Puskesmas ini telah berhasil mendapatkan predikat sebagai “Puskesmas Terakreditasi Tingkat Dasar”. Dengan adanya kegiatan Penggalangan Komitmen di Puskesmas Simpang Teritip ini diharpakan dapat menghantarkan Puskesmas Simpang Teritip menjadi “ Puskesmas terakreditasi pada tahun 2017.”***

Sumber: 
DISKOMINFO BANGKA BARAT
Penulis: 
Novie Adrian
Fotografer: 
Dedy
Editor: 
M. Amrullah, ST