PENILAIAN FINAL LOMBA PERPUSTAKAAN DESA TINGKAT NASIONAL

 
Perpustakaan Arsita Desa Air Belo Kabupaten Bangka Barat merupakan Perpustakaan Desa yang masuk nominasi 6 besar klaster tertinggi yaitu klaster A Tingkat Nasional. Hal ini diputuskan pada Selasa, 22 September 2020 dimana dilaksanakan penilaian final lomba dilakukan  secara virtual oleh Perpustakaan Nasional dengan tim juri adalah Juri profesional tingkat Nasional.
Dalam sambutan pembukaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Ashraf Suryadin, M.Pd.I., di Perpustakaan Arsita Desa Air Belo, mengatakan DKPUS Babel menyambut baik upaya yang dilakukan Perpusnas dengan dilaksanakannya lomba perpustakaan ini.
 “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, dengan bimbingan dan arahannya, Perpustakaan Arsita Desa Air Belo bisa tampil di tingkat nasional. Kami pun bangga, karena Perpustakaan Arsita Desa Air Belo ini, telah terakreditasi A, ditambah lagi sarana gedung yang bagus dan nyaman,” kata Asyraf.
Kepada Perpusnas dan juga Dewan Juri, Asyraf menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel melalui DKPUS Babel mendukung pengembangan Perpustakaan Desa yang ada di Babel.
Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat, Drs. Ismantho mengatakan baru tahun ini Perpustakaan Desa di Bangka Barat masuk 6 besar tingkat nasional.
Hal senada disampaikan Pj Sekda Bangka Barat, Hartono, yang turut hadir dalam penilaian oleh dewan juri melalui virtual itu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, katanya, mendukung penuh kegiatan ini, termasuk pengembangan perpustakaan Desa Arsita Air Belo, dan Perpustakaan Desa lainnya yang ada di Bangka Barat.
Penilaian dilanjutkan dengan paparan Ketua Perpustakaan Arsita Desa Air Belo,Yoga Riansyah tentang program-program unggulan, sarana prasarana, jenis layanan serta kegiatan yang dilakanakan di Perpusdes tersebut.
Setelah mendengarkan support mulai dari Kepala DKPUS Babel, Pj Sekda Bangka Barat, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Bangka Barat, dan paparan, para juri yang diketuai Teuku Syamsul Bahri menilai sangat positif dan Kepala Perpustakaan Arsita Desa Air Belo, dan melihat data-data pendukung serta wawancara pendukung, Perpustakaan Arsita Desa Air Belo bisa menjadi yang terbaik.
Penilaian secara online ini turut hadir Camat Muntok Sukandi, S.Pd.I, Kades Air Belo Benny Asbandi, pengelola perpustakaan, pustakawan Kabupaten Bangka barat serta Pustakawan Prov. Babel, serta sukarelawan Perpustakaan Arsita Desa Air Belo.

Sumber: 
DISKOMINFO
Penulis: 
Karlena Yulia
Editor: 
wahyu pratiwi