Penyerahan Bantuan Provinsi kepada Kelompok Petani dan Peternak di Desa Pangek

Simpang Teritip- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyerahkan bantuan kepada Kelompok Petani dan Peternak di Desa Pangek, kecamatan Simpangteritip, Kabupaten Bangka Barat  pada Rabu (16/9/2020).

Bantuan diserahkan oleh secara simbolis oleh Gubernur Babel, H. Erzaldi Roesman di lapangan bola kantor desa Pangek.

Acara juga dihadiri Kapolda Bangka Belitung, Danrem 045/Garuda Jaya, Kanwil  Kementerian Pertahanan, Pj. Sekda Kabupaten Bangka Barat, Dandim 0431 Bangka Barat , Kepala Dinas Pertanian Prov. Kep. Babel, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Camat Simpangteritip, Kades Pangek, serta Kelompok Tani di Bangka Barat.

Dalam sambutannya, Erzaldi berharap bantuan-bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tidak ada yang terbuang sia-sia

“Semoga bantuan ini dapat mendorong petani dalam pengembangan usahanya sehingga perekonomian masyarakat di desa dapat meningkat apalagi ditunjang KUR”, ujarnya

Erzaldi juga menjelaskan pemerintah provinsi mempunyai program beasiswa untuk anak yang berprestasi dan anak- anak penghapal al'quran.

Bantuan provinsi berupa sistem kegiatan perkebunan perluasan area lada sebanyak 150  hektar, rehabilitasi  tanaman lada 100 hektar, bak perendaman (alat pengolahan lada)  serta alat pengering lada 1 Unit  yang mana berasal dari dana APBN tahun 2020 diberikan kepada 11 kelompok tani. 

Sedangkan dari dana APBD tahun 2020  berupa program intensifikasi pertanian untuk perkebunan terdiri dari bantuan benih dan pupuk NPK dan Organik.

Selain itu serahkan juga bantuan 10 ekor sapi betina, 1 hektar hijauan ternak  dan 2.000 polibag legum indigofer, untuk kelompok tani Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok.

Bantuan yang sama juga diterima oleh Kelompok Tani Sinar Baru, Desa Bukit Terak, Kecamatan Simpangteritip.

Sebelum acara penyerahan bantuan secara simbol oleh gubernur Babel diadakan juga sosialiasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh perwakilan Bank BNI.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
d_lm
Editor: 
Wahyu Pratiwi