Penyerahan LHP Kinerja pada Pemerintah Daerah Bangka Barat

Pangkalpinang (13/12/2019) Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bangka Belitung Widhi Widayat, S.E., AK., M.Si., CA., menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja atas Efektifitas Pengelolaan Belanja Daerah Untuk Meningkatkan Pembangunan Manusia Tahun Anggaran 2016 -- 2018 pada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat yang diterima langsung oleh Bupati Bangka Barat, Markus, S.H dan Ketua DPRD Bangka Barat H.Badri Syamsu di ruang rapat Kalan gedung BPK Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Jumat (13/12). Turut hadir pada acara tersebut Staf Ahli Bupati, Inspektur Inspektorat Kabupaten Bangka Barat, Kepala BPKAD Kabupaten Bangka Barat, Sekretaris Dewan Kabupaten Bangka Barat dan Pejabat di lingkungan Perwakilan BPK Babel.

Kepala Pewakilan BPK Babel, Widhi Widayat, mengatakan berdasarkan UU no 15 tahun 2004 bahwa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara wajib dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan, maka BPK dalam menyusun rencana pemeriksaan mempertimbangkan agar rekomendasi hasil pemeriksaan dapat mendukung RPJMN yang salah satu tujuannya meningkatkan kwalitas hidup manusia dan masyarkat secara berkelanjutan. Oleh karena itu diantara fokus pemeriksanaan pada dimensi pembangunan manusia dan masyarakat yang dituangkan dalam rencana strategis BPK.

Widhi Widayat juga mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan atas efektifitas pengelolaan belanja daerah pemkab Bangka Barat, BPK menyimpulkan terhadap permasalahan-permasalahan yang ditemukan dari hasil pemeriksaaan tersebut jika tidak segera dapat diatasi oleh pemkab Bangka Barat akan dapat mempengaruhi efektifitas pengelolaan belanja daerah untuk meningkatkan pembangunan manusia.

“Kami berharap Bupati beserta jajaran dapat segera menindak lanjuti rekomendasi atas temuan BPK, agar efektitas pengelolaan belanja daerah di kabupaten Bangka Barat untuk pembangunan manusia dapat diukur secara jelas,” ujar Widhi.

Ketua DPRD Bangka Barat Badri Syamsu mengatakan hasil pemeriksaan tersebut akan menjadi koreksi DPRD selaku lembaga yang memiliki fungsi pengawasan anggaran dan legislasi.

“Hasil pemeriksaan BPK nanti akan kami bahas di Internal DPRD agar kedepannya Bangka Barat bisa berkembang dan maju,” kata Badri.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Bangka Barat, Markus mengucapkan terimakasih atas masukan masukan yang diberikan BPK dan akan menjadi bahan evaluasi.

“Tentunya setiap kepala daerah tetap ingin daerahnya maju dan tentunya ini menjadi bahan evaluasi kita kedepan,” kata Markus

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
d_lm