PEREMPUAN BABEL KHAWATIR JIKA PASANGAN MELAKUKAN KB

         Pangkalpinang, 21/5 (ANTARA) - Kepala Sub Bidang Advokasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Yudi Rafani mengatakan kebanyakan perempuan di Babel khawatir jika pasangan mereka melakukan Keluarga Berencana (KB) Metode Operasi Pria (MOP) atau vasektomi.

        "Rendahnya klien peserta KB MOP di kalangan pria di Babel sebenarnya dikarenakan adanya kekhawatiran dari pasangan mereka, para perempuan takut jika suami mereka lebih suka 'jajan' di luar setelah KB karena mereka bisa lebih bebas," kata Yudi di Pangkalpinang, Senin.

        Senada dengan pernyataan Yudi, seorang ibu muda, Nanda (25) menyatakan dirinya khawatir jika suaminya melakukan KB MOP sehingga dapat bebas berselingkuh.

        "Mending saya saja yang KB, kalau suami saya yang KB saya khawatir nanti dia melakukan hal yang tidak-tidak dan tidak terdeteksi karena dia sudah di KB, kalau tidak di KB kan nanti ada buktinya, misalnya perempuan itu hamil atau apa," kata Nanda, seorang karyawati perusahaan swasta tersebut.

        Berdasarkan data, hingga triwulan pertama 2012, menurut Yudi, klien peserta KB MOP di Babel hanya 90 orang dari 48.590 klien peserta KB.

        "Dibandingkan dengan Metode Operasi Wanita (MOW) atau tubektomi, jumlah klien peserta MOP rendah sekali, peserta KB MOW saat ini 3.860 orang," kata Yudi.

        Yudi menyatakan paham mengenai kekhawatiran yang dirasakan oleh para perempuan tersebut namun dia mengimbau agar kekhawatiran tersebut tidak menghalangi niat tiap keluarga untuk melakukan KB.

        "MOW ataupun MOP sama-sama efektif dan pelayanannya pun gratis, kalau tidak mau MOW atau MOP masih ada pilihan lain seperti Intra Uterine Device (IUD) atau Alat Kontrasepsi Dalam Rahim," kata Yudi.

        MOP atau vasektomi adalah prosedur bedah minor di mana deferentia vasa (saluran mani) manusia diputus, dan kemudian diikat atau ditutup untuk mencegah sperma memasuki aliran mani.

        MOP dinilai aman, bahkan  jika pasangan suami istri ingin mendapatkan keturunan lagi maka kedua ujung deferentia vasa dapat disambung kembali

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News