Peringatan Australian Nurses

Muntok (16/02/2017)-Kominfo. Sebanyak 50 orang warga Australia hari ini kamis (16/02) berkumpul di ruang Auditorium Museum Timah Indonesia dalam rangka memperingati dan memberi penghormatan kepada perawat-perawat tentara Australia yang gugur dan ditahan di Muntok pada masa Perang Dunia II.

Kelima puluh warga Austalia itu terdiri dari militer dan sipil. Turut ikut dalam rombongan itu Kedubes Australia untuk Indonesia, Paul Grigson. Acara yang diselenggarakan di lantai dua Museum Timah Indonesia itu merupakan suatu upacara peringatan yang berjalan dengan hikmat. Upacara itu sejatinya akan diselenggarakan di Pantai Tanjung Kalian, tepat di samping tugu peringatan tragedi Perang Dunia II. Namun, acara itu dialihkan ke Museum Timah Indonesia disebabkan hujan yang melanda Muntok dalam minggu-minggu terakhir ini.

Upacara peringatan dan penghormatan itu dilakukan untuk mengenang tragedi kemanusiaan yang terjadi pada Februari 1942. Sebuah kapal yang membawa tentara Inggris yang terluka dan perawat-perawat Australia mengungsi dari Singapura untuk menghindari serbuan Pasukan Jepang. Namun dalam perjalanannya berakhir dengan ditenggelamkan oleh pesawat pembom Jepang di wilayah Selat Bangka. Sebagian awak kapal selamat dan berenang ke tepi pantai wilayah Muntok, Pulau Bangka. Sesampai di Muntok, mereka disambut oleh tentara Jepang dan dibunuh di lokasi pantai mereka menepi. Sebagian mereka ada yang ditangkap dan ditahan dalam kamp tawanan perang Jepang di Muntok.

Acara yang diselenggarakan itu juga untuk memberi penghormatan kepada masyarakat Muntok yang pernah membantu para korban yang selamat dari insiden tersebut. Salah satu korban yang selamat dari pembantaian Jepang itu adalah suster Vivian Bullwinkel yang kemudian menjadi saksi atas tragedi itu.

Turut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Bangka Barat,  kepala-kepala Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Musem Timah Indonesia, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Camat Muntok,  Asisten I dan Asisten II Sekda Kabupaten Bangka Barat, dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah,.***

Sumber: 
Diskominfo Babar
Penulis: 
M. Erfan
Fotografer: 
Sutiyoko
Editor: 
Henry Firsanto