Persiapan Arus Mudik Idul Adha, Pj. Sekda Bangka Barat: Kami Siap Berkoordinasi

Muntok- "Kami siap berkoordinasi dengan berbagai pihak guna amankan arus mudik Idul Adha di tengah pandemi". Hal tersebut disampaikan pada rapat persiapan menghadapi arus mudik Idul Adha 1441 H yang bertepatan dengan hari Jumat, 31 Juli 2020. Rapat yang dilaksanakan bertempat di OR1 Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat pada Rabu, 29 Juli 2020 juga dihadiri oleh Dandim 0431/ Bangka Barat, Danpos TNI AL Muntok, Perwakilan dari Mapolres Bangka Barat, perwakilan Kejari Bangka Barat, perwakilan kepala OPD Pemkab Bangka Barat, Ka. KSOP Kelas IV Muntok, Ka. BPTD Wil Sumsel- Babel, dan GM ASDP pelabuhan Tanjung kalian.
Dalam Rapat tersebut, Pj. Sekretaris Daerah melakukan koordinasi dengan pihak terkait sehubungan dengan persiapan yang harus dilakukan dalam menghadapi arus mudik lonjakan penumpang Idul Adha ini. Dia juga memberikan apresiasi kepada petugas atau Tim Verifikasi dan Tim Gugus dalam dalam menjaga dan mendata setiap penumpang baik masuk dan keluar Daerah.
"Untuk pengamanan untuk lebaran akan dilakukan mulai hari ini sampai Senin, 3 Agustus 2020, katanya.
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Bangka Barat, Sidharta Gautama, S.STP menyebutkan untuk Kepulauan Bangka Belitung khususnya untuk Bangka Barat saat ini telah masuk Zona hijau.
"Untuk itu, harus kita pertahankan karena Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok merupakan pintu gerbang keluar masuknya angkutan dan penumpang. Dalam hal ini, pemeriksaan di Tanjung Kalian masih memakai aturan berdasarkan Protokol Kesehatan yang spesifik. Dan semua itu adalah berkat kerja sama kita semua yang saling bersinergi satu sama lain tanpa lelah dan dengan ikhlas melaksanakan semua sesuai prosedur dan aturannya demi menjaga masyarakat Bangka Barat yang tercinta ini," tambahnya.
Sementara itu, ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian mengatakan bahwa jadwal kapal yang keluar masuk masih terjadwal seperti biasa. Akan tetapi, sifatnya situasional.
"Ketika ada lonjakan penumpang kapal, agar tidak terjadi penumpukan maka akan dijadwalkan penyeberangan ekstra trip," jelasnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Arif
Editor: 
Wahyu Pratiwi