Pesan Al-Qur'an di Goresan Kaligrafi Kontemporer pada MTQ Bangka Barat Tahun 2020

 

Muntok - Musabaqoh Tilawatil Qur'an Ke-11 tingkat Kab. Bangka Barat yang berlangsung di Masjid Agung Baitur Ridha Muntok dari tanggal 15 - 19 Maret 2020 menjadi ajang para khattath-khattathah menyampaikan pesan Al-Qur'an melalui goresan pena Kaligrafi Kontemporer yang dilombakan hari Rabu, 18 Maret 2020. 

Secara estetika, kaligrafi kontemporer mengacu kepada kaidah penciptaan seni rupa kontemporer secara umum dan secara etika bersumber kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits, membawa muatan artistik-apresiatif yang memiliki beberapa fungsi.

Pertama adalah fungsi estetik atau keindahan dimana lukisan kaligrafi bisa menjadi pajangan ruangan untuk memperindah suasana.  Kedua adalah fungsi dakwah/ syiar untuk menyampaikan ajaran ilahiah yang tersurat dalam Al-Qur'an dan Hadits kepada masyarakat.  Ketiga adalah fungsi edukatif yaitu mendidik masyarakat dan keempat fungsi ekonomi, yaitu memiliki nilai ekonomis di tengah masyarakat.

Cabang kaligrafi kontemporer ini diikuti sebanyak 12 peserta dari 6 kecamatan di wilayah Kabupaten Bangka Barat dan banyak masyarakat yang memotret karya kaligrafi kontemporer tersebut karena karya kaligrafi yang satu ini tampak berbeda dengan kaligrafi biasanya. 

Seorang seniman kaligrafi (khattath-khattathah) kontemporer harus memiliki dua keahlian sekaligus, yaitu keahlian menuliskan aksara Arab dan berkreasi dengan aksara tersebut serta keahlian seni rupa.

Sumber: 
DISKOMINFO
Penulis: 
Agus Sunawan
Fotografer: 
Agus Sunawan
Editor: 
Wahyu Pratiwi