Pesta Adat Kampung Khataman Qur’an Desa Pusuk

Muntok (07/05/2017) KOMINFO.  Desa Pusuk Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat ( 07/05 ) melaksanakan Pesta Adat Kampung Khataman Al – Qur’an di Masjid Nurul Pallah Desa Pusuk. Pelaksanaan Pesta adat Kampung ini adalah sebuah tradisi yang dilakukan secara turun temurun yang dilaksanakan jatuh pada bulan ruah dalam setiap tahunnya untuk menyambut Bulan Puasa Ramadhan, ini merupakan salah satu bentuk sikap bersyukur masyarakat Desa Pusuk dalam menyambut bulan puasa.

Khataman Massal baca Al-Quran itu diikuti oleh 23 peserta yang terdiri dari 14 perempuan dan 9 laki-laki. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan minat baca atau motivasi anak-anak untuk giat dalam belajar baca Kitab Suci Al-Qur’an. Sebelum khataman masal dilaksanakan, peserta khataman Al-Qur’an diarak sepanjang Desa Pusuk dengan menggunakan mobil pick up menuju Masjid Nurul Pallah, arak-arakan peserta Khataman dimeriahkan dengan  telur yang telah dihiasi dan berbagai macam makanan. Setiba di Masjid Nurul Pallah peserta khataman bersiap untuk membaca kitab suci Al-Qur’an.

Peserta Khataman akan membacakan ayat-ayat Suci Al-Qur’an secara bersamaan yang dipandu oleh Bapak Selamet Badawi, setelah acara khataman selesai, peserta diberikan hadiah berupa Kitab Suci  dan Nasi Ketan. Hal itu bertujuan hanya sebagai penghargaan kepada peserta khataman yang telah selesai membaca kitab Suci Al-Qur’an dan sebagai motivasi anak-anak agar giat membaca Al-Qur’an.

“Anak-anak Desa Pusuk ini mempunyai kebanggaan tersendiri dalam mengikuti khataman massal, mereka sangat antusias dan berlomba-lomba dalam membaca Kitab Suci Al-Qur’an karena pada saat mereka telah selesai membaca Al-Qur’an akan dirayakan dan dimeriahkan melalui Pesta Adat Kampung ini dan diberikan hadiah.”ujar Kepala Dusun Desa Pusuk Bapak Maryono.

Setelah Khataman dilaksanakan masyarakat, tamu undangan,tokoh agama, tokoh masyarakat, dan anggota DPRD yang hadir dalam acara tersebut melakukan doa bersama untuk arwah agar mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. dan dilanjutkan dengan makan bersama melalui Tradisi Nganggung Masyarakat Bangka Belitung.

Dalam rangkaian acara Pesta Adat dilanjutkan dengan acara hiburan lomba betongkah. Betongkah ini adalah sebuah alat yang berbentuk sampan kecil untuk mengambil kerang. Yang menjadi peserta dari perlombaan betongkah ini adalah masyarakat Desa Pusuk itu sendiri. Ini adalah merupakan rangkaian acara Pesta Adat Desa Pusuk, dari berbagai kalangan dan dari berbagai daerah banyak yang datang ke Desa Pusuk untuk ikut memeriahkan Pesta Adat Desa Pusuk. Hal Ini juga merupakan salah satu ajang silahturahmi.***

Sumber: 
DISKOMINFO BANGKA BARAT
Penulis: 
Novie Adrian
Fotografer: 
Dedy S.
Editor: 
M. Amrullah, ST