Pesta Adat Pangkal Beras

Muntok (14/05/2017) KOMINFO.  Desa Pangkalberas Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat melaksanakan Pesta Adat Kampung yang diadakan di alun-alun tengah kampung hari Minggu lalu (14/05). Pelaksaan Perayaan Pesta Adat Kampung Pangkaberas yang diadakan oleh masyarakat Desa ini tak lepas dari dukungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat. Pelaksanaan Pesta Adat Kampung yang dilakukan setiap tahun ini merupakan sebuah tradisi yang dilakukan secara turun temurun, yang biasanya dilaksanakan pada 13 hari bulan Syakban untuk menyambut bulan puasa Ramadhan. Acara diawali dengan perayaan arak arakan khataman Al-Quran dengan menggunakan kendaran hias yang dibuat seperti becak dengan aneka bentuk hiasan. Arak-arakan dilakukan keliling kampung dan berakhir di masjid kampung alun alun Desa Pangkalberas untuk melakukan persiapan membaca kitab suci Al-Qur’an.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ritual adat yang dipimpin oleh Bapak Gani selaku dukun atau ketua kampung Desa Pangkalberas, Menurut Bapak gani, ritual adat ini hingga kini telah dilaksanakan oleh 6 keturunan. Pelaksanaan ritual tersebut merupakan satu kepercayaan masyarakat setempat yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam berladang.

 Setelah itu acara dilanjutkan dengan pertunjukan Seni Tari Campak, Pertunjukan seni rudat, Pertunjukan Seni Beladiri dan pertunjukan Seni Pencak silat dari Pangkalberas, kemudian ditutup dengan membaca doa untuk keselamatan.

Kemeriahan acara Pesta Adat Kampung Pangkalberas ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Barat Sunatro,S.IP., Camat Kelapa, Kapolsek Kelapa, Kepala Desa Pangkalberas,Ketua atau Dukun Adat Pangkalberas, Ketua penyelenggaraan Pesta Adat Pangkalberas, tamu undangan dari desa- desa tetangga dan dari warga Desa Pangkalberas sendiri.

Inti dari perayaan sedekah kampung ini lebih menonjolkan pada seni budaya daerah seperti Tari campak, musik dambus dan peragaan pencak silat. Rumah penduduk juga dibuka untuk menerima silahturahmi tetamu dengan aneka hidangan bak di hari raya..***

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Dedy Susanto
Fotografer: 
Dedy Susanto
Editor: 
M.Amrullah

Berita

05/09/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
28/08/2017 | Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab.Bangka Barat
21/08/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
03/08/2017 | Diskominfo Kab. Babar
14/07/2017 | Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
04/07/2017 | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat
03/07/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol