Pesta Adat Suku Ketapik: Bupati ingin budaya daerah dilestarikan

DISKOMINFO (18/08/2019) Muntok, Bupati Bangka Barat Markus,SH menghadiri tradisi pesta adat suku Ketapik Desa kacung Kecamatan kelapa. Turut hadir Gubenur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi, Kepala Desa, Kapolsek Kelapa, Ketua adat Bangka Barat serta masyarakat. Pesta Adat Suku Ketapik berlangsung dengan meriah di Desa Kacung Kecamatan Kelapa, Menarik dan unik serta  masyarakat antusias akan pesta adat tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Bangka Barat Markus, SH mengapresiasi tradisi  dan pesta adat yang diadakan setiap tahun untuk melestarikan budaya di masyarakat  turun temurun dibulan Dzulhijah setelah hari raya Idul Adha. Markus juga menyarankan bagi  remaja di desa Kacung untuk mendaftar Akademi Komunitas Presiden dengan program 1 tahun siap bekerja. Untuk Tahun 2019 yang akan diberangkatkan ke Bekasi, telah terdaftar sebanyak 80 orang yang berasal dari Bangka Barat, Markus juga akan berusaha semaksimal mungkin  meningkatkan kemajuan yang ada di Bangka Barat baik  Sektor Perkebunan, Pertanian, dan Kesehatan  dengan menjalin kerjasama dengan investor. Pada bidang kesehatan tahun depan masyarakat yang tidak mampu akan dibantu oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat dalam pembuatan BPJS kesehatan, serta Bupati menghimbau agar setiap masyarakat di Desa tidak ada lagi yang tidak mempunyai WC karena Bangka Barat sebagai Kabupaten Sehat.

Diakhir acara Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Bangka Barat naik sepeda bersama 10 orang  anak-anak yang  khatam Al-qur’an diarak dari rumah adat desa Kacung mengelilingi kampung berakhir di Mesjid Desa.

Sumber: 
DISKOMINFO
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
yogie
Editor: 
M.Amrullah