Pesta Pantai Adat Seni Desa Air Nyatoh

Simpang Teritip, Bangka Barat, 18/01/2012 (Infokom) - Lembaga Adat Desa Air Nyatoh menyelenggarakan tradisi Rebo Kasan di Pantai Desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpangteritip, Rabu (18/01).

Dalam penyelenggaraan acara ini, Lembaga Adat Desa Air Nyatoh bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Air Nyatoh yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan Polres Bangka Barat.

Tradisi Rebo kasan yang diadakan setiap tahun ini  diselenggarakan bertepatan di hari Rabu terakhir pada bulan Syafar. Acara ini merupakan tradisi wujud syukur atas hasil laut yang dilakukan turun temurun dari nenek moyang sebagian masyarakat Bangka. Selain di Desa Air Nyatoh, tradisi Rebo Kasan ini juga dilakukan oleh masyarakat Desa Cupat (Kecamatan Parittiga, Bangka Barat) dan masyarakat Desa Air Anyir (Kabupaten Bangka).

Turut menghadiri acara ini Wakil Bupati Bangka Barat, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Informatika beserta beberapa pejabat di lingkungan SKPD Kabupaten Bangka Barat, Kapolsek Simpangteritip dan Kepala Desa Air Nyatoh. (Em)

Sumber: 
Infokom
Penulis: 
Infokom