PKK SOSIALISASIKAN ADMINISTRASI USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN (UP2K)-PKK TAHUN 2020

Muntok - Tim penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Bangka Barat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Adminitrasi Usaha Peningkatan Pendapatan (UP2K)-PKK bertempat di OR II Gedung Sekretariat Kabupaten Bangka Barat pada Kamis Tanggal 12 Maret 2020. Kegiatan dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Bangka Barat, Evi Astura Markus, SH., M.Kn., bersama jajaran. Kegiatan ini mengundang peserta dari perwakilan PKK di setiap kecamatan se- Kabupaten Bangka Barat. Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 40 orang.  Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan adalah Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Pokja 2 selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh meningkatkan kemampuan kader pengelola UP2K-PKK Desa/Kelurahan dan kecamatan dalam melakukan penyusunan dan pencatatan data dan informasi terkait pengelolaan UP2K-PKK, sehingga segala proses pengembangan kelembagaan kreativitas dan pemanfaatan potensi ekonomi peningkatan pendapatan keluarga dapat tersusun, tercatat dengan baik. terselenggaranya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, maka dalam kesempatan yang berbahagia ini kami menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini.

Dalam sambutannya, ketua TP. PKK Kabupaten Bangka Barat, Evi Astura Markus, SH. M. Hum semua usaha peningkatan pendapatan keluarga yang dilaksanakan oleh anggota keluarga adalah pilihan strategi untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Dengan meningkatnya pendapatan maka kondisi ekonomi keluarga jadi lebih baik dan berdampak langsung pada peningkatan grafik kesehatan, pendidikan ketrampilan dan kegiatan sosial lainnya. Sejalan dengan ini, kegiatan UP2K PKK merupakan salah satu pilihan usaha untuk menopang perekonomian keluarga dan salah satu program yang berpihak kepada perempuan, mengingat bahwa perempuan merupakan salah satu potensi sumber daya pembangunan yang belum memiliki banyak akses dalam kehidupan sosial dan ekonomi. 

Pada kesempatan ini, ketua TP PKK Bangka Barat, Evi Asyura Markus, SH., M. Hum menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi administrasi UP2K PKK tahun 2020 yang di inisiasi oleh ketua Pokja II beserta dengan jajarannya. Ucapan terimaksih juga disampaikan kepada para peserta UP2K PKK yang telah hadir dalam sosialisasi ini. "Semoga melalui sosialisasi administrasi UP2K PKK ini secara langsung dapat meningkatkan kemampuan kader pengelola administrasi UP2K PKK Desa/kelurahan dan kecamatan dalam melakukan penyusunan dan pencatatan data dan informasi terkait pengelolaan UP2K PKK, sehingga segala proses pengembangan kelembagaan kreativitas dan pemanfaatan potensi ekonomi peningkatan pendapatan keluarga dapat tersusun dan terencana serta tercatat dengan baik", katanya. 

"Kita patut bersyukur Kabupaten Bangka Barat merupakan kabupaten dengan persentase penduduk miskin terkecil se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni sebesar 2,67 persen menurun dari tahun 2018 sebesar 3,05 Persen. Semoga segala upaya yang kita lakukan bersama selama ini dapat bermanfaat bagi kita dan masyarakat Bangka Barat pada umumnya", tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
erni
Fotografer: 
Dedra
Editor: 
Wahyu Pratiwi