POLISI BANGKA BARAT TANGKAP PENCURI SOLAR

Muntok, (Antara) - Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menangkap seorang laki-laki yang diduga sebagai pelaku tindak pencurian bahan bakar minyak jenis solar di Kecamatan Muntok.

"Penangkapan terduga tindak pencurian itu kami lakukan pada Senin (30/9) sekitar pukul 23.30 WIB, saat Polisi sedang melakukan patroli di kawasan Bukit Menumbing, Kecamatan Muntok, " ujar Kapolres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo melalui Kapolsek Muntok AKP S Sopian di Muntok, Selasa.

Pada patroli rutin yang dilakukan Anggota Polsek Muntok itu, kata dia, polisi berhasil menangkap seorang laki-laki, yaitu Jr (36) warga Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok yang diduga keras telah melakukan tindak pidana pencurian BBM jenis solar.

Ia menerangkan, pada awalnya anggota Polsek Muntok melakukan patroli pada malam hari di kawasan Bukit Menumbing dalam upaya antisipasi berbagai kemungkinan adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah itu.

"Pada saat patroli berada di Pos 1 Menumbing, Polisi melihat mobil yang mencurigakan berada di kawasan itu dan polisi berusaha menggetahui aktivitas yang dilakukan pengemudi mobil tersebut," kata dia.

Setelah digeledah, kata dia, ternyata di dalam mobil merk Taruna warna Silver dengan nomor polisi BN 2328 LV yang dikendarai pelaku, Jr, terdapat lima buah jerigen yang berisi bahan bakar minyak jenis solar.

Saat dilakukan pemeriksaan, kata dia, pelaku mengaku bahwa solar tersebut baru saja dia curi dari menara BTS Indosat yang berada di Bukit Menumbing.

"Berdasarkan pengakuan pelaku itu, kemudian Polisi menggiringnya beserta barang bukti ke Mapolsek Muntok untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," katanya.

Kapolres menerangkan, pelaku yang setiap harinya berprofesi sebagai penjaga malam menara TVRI di Menumbing tersebut mengakui bahwa dia telah melakukan tindak pencurian solar-solar tersebut yang dilakukannya dengan cara mengambil solar dari dalam tangki menara BTS Indosat di Bukit Menumbing.

"Pelaku mencuri dengan cara menyedot solar dari dalam tangki dengan menggunakan selang dan dimasukkan ke dalam jerigen, setelah terkumpul ia membawanya dengan menggunakan mobil Taruna," kata dia.

Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Ia menambahkan, saat ini pelaku dan barang bukti berada di Mapolsek Muntok guna proses hukum lebih lanjut.

Sumber: 
Antaranews