POLISI GANDENG TOKOH MASYARAKAT TERTIBKAN RUMAH KONTRAKAN

Bangka Barat, (Antara) - Jajaran Kepolisian Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng tokoh masyarakat setempat menertibkan sejumlah rumah kontrakan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di wilayah ini.

"Kegiatan bersama antara Polisi dengan Ketua Lingkungan dan pejabat RT ini kami lakukan pada Selasa (1/10) malam di wilayah Kecamatan Kelapa," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo melalui Kapolsek Kelapa Iptu Samsul Bahri di Kelapa, Rabu.

Ia menjelaskan, selain melaksanakan razia dengan sasaran rumah kontrakan, kegiatan itu juga untuk menertibkan kendaraan di beberapa tempat.

Dalam penertiban tersebut, kata dia, tim gabungan bergerak ke sejumlah rumah kontrakan di Kelurahan Kelapa, Kecamatan Kelapa dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadfinya kemungkinan aksi terorisme, penyalahgunaan barang-barang terlarang dan narkoba, "Selain itu kami juga berupaya meminimalkan pasangan bukan suami istri yang tinggal serumah serta penertiban identitas penghuni rumah kontrakan, ini kami lakukan terkait banyaknya para pendatang dari luar daerah yang masuk ke kelurahan Kelapa yang tinggal di rumah kontrakan, di mana identitas dan asal usul serta tujuan mereka selama ini belum kami ketahui jelas," kata dia.

Ia menambahkan, dalam kegiatan itu Polisi menemukan pasangan pria dan wanita yang tinggal serumah tanpa ikatan perkawinan.

Setelah dilakukan pendataan, kata dia, pasangan itu kemudian dibawa ke Mapolsek Kelapa bersama Ketua RT dan kepala lingkungan selanjutnya diberikan pengarahan.

Selain melakukan penertiban di rumah, kata dia, tim lain melakukan razia kendaraan di lokasi lain, yaitu di Simpang Tempilang, Kelurahan Kelapa dengan sasaran kelengkapan surat-surat kendaraan, komponen kendaraan, helm pengaman, barang terlarang dan narkoba.

"Kami lakukan kegiatan itu untuk mengantisipasi aksi terorisme serta mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan yang masuk atau keluar Pulau Bangka," katanya.

Dari hasil penertiban kendaraan, kata dia, Polisi juga melakukan penilangan sebanyak 13 kendaraan dengan rincian lima sepeda motor dan delapan mobil.

"Razia atau penertiban tersebut merupakan salah satu upaya untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polsek Kelapa agar tetap kondusif," kata dia.
 


Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Sumber: 
Antaranews