POLISI IMBAU MASYARAKAT CEGAH PENYAKIT MASYARAKAT

Bangka Barat, (Antara) - Kepolisian Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau kepada masyarakat agar ikut aktif dalam upaya pencegahan berbagai penyakit masyarakat agar tidak terjadi di daerah itu.

"Kami harapkan masyarakat menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungannya dan proaktif memberikan laporan jika ditemukan hal-hal mencurigakan yang berpotensi menimbulkan permasalahan kamtibmas," ujar Kepala Polres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo melalui Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat AKP M. Hasby di Kelapa, Selasa.

Ia menjelaskan munculnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di tingkat lingkungan terkecil, bisa mengakibatkan suasana tidak kondusif dan akan berdampak langsung terhadap produktivitas warga.

Menurut dia, penyakit masyarakat bisa ditanggulangi sedini mungkin dengan terjalinnya hubungan baik antara masyarakat dengan kepolisian.

Hal itu, kata Hasby didampingi Kepala Polsek Kelapa Iptu Samsul Bahri pada Rapat Bina Pamong Kabupaten Bangka Baraat yang dilaksanakan pada Selasa (8/10) sekitar pukul 09.00 WIB di Gedung Serbaguna, Kecamatan Kelapa.

Dalam temu wicara kepala daerah, camat, kepala desa dan lurah serta Ketua BPD se-Kecamatan Kelapa itu, Hasby juga menjelaskan mengenai pentingnya pemberantasan penyakit masyarakat, seperti perjudian, perzinahan, kriminal, peredaran narkoba dan minuman keras, serta penyakit masyarakat lainnya.

"Kami yakin jika terjalin hubungan baik antara masyarakat bekerja sama dengan kepolisian, berbagai penyakit masyarakat itu akan bisa diatasi bersama," kata dia.

Ia menerangkan bahwa kegiatan bina pamong itu juga sebagai media penyampaian pesan-pesan kamtibmas dari pihak kepolisian kepada pemerintah tingkat kecamatan dan jajarannya.

Dia mengharapkan dengan adanya acara itu dapat meningkatkan sinergi kepolisian dengan pemerintahan dan masyarakat, dalam rangka memberikan pelayanan dan perlindungan serta menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Kecamatan Kelapa.

"Keamanan dan ketertiban memiliki peran penting dalam mendukung terwujudnya cita-cita pembangunan Bangka Barat yang mandiri dan sejahtera, untuk itu kami harapkan adanya peningkatan kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berperan dalam menjaga situasi tetap kondusif," ujar dia.

Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Sumber: 
Antaranews