POLISI RINGKUS DUA PELAKU PENYALAHGUNA NARKOBA

Bangka Barat, (Antara) - Jajaran Polisi Sektor Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung meringkus dua orang yang diduga sebagai pelaku penyalahguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif jenis sabu-sabu.

"Penangkapan dua pelaku ini kami lakukan di dua lokasi berbeda yang berawal dari penangkapan terhadap Ru alias Za (31), warga jalan Desa Puput, Kecamatan Parittiga yang kami tangkap di Desa Puput pada Senin (30/9) sekitar pukul 19.00 WIB," ujar Kapolres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo melalui Kapolsek Jebus Kompol Ridwan M Rajadewa, Selasa.

Ia menjelaskan, penangkapan Ru alias Za dilakukan anggota Polsek Jebus dengan melakukan penyamaran dan berpura-pura menjadi pembeli narkoba.

"Pada saat terjadi transaksi di Jalan Desa Puput, tepatnya di depan Penginapan Asia, Ru langsung ditangkap dan digeledah. Pada saat digeledah, polisi menemukan barang bukti berupa satu paket narkoba jenis sabusabu dari tangan pelaku," kata dia.

Setelah penangkapan Ru, polisi segera melakukan pengembangan kasus dan dari pelaku diketahui paket diduga narkotika tersebut didapat dengan cara membeli dari orang lain yang bernama Mu alias Co (31), warga Dusun Gudang Papan, Desa Sekarbiru, Kecamatan Parittiga.

Berdasarkan informasi itu, anggota Polsek Jebus segera mendatangi rumah Mu dan langsung menemukan orang yang dimaksud di rumahnya.

"Setelah dilakukan pemeriksaan di tempat tinggal pelaku, polisi menemukan empat paket diduga narkotika yang dibuang pelaku di lantai depan rumah," katanya.

Selain barang bukti itu, kata dia, polisi juga menemukan uang tunai Rp8.640.000 di dalam tas milik pelaku yang diduga hasil penjualan narkotika.

Kapolres menerangkan, penangkapan terhadap dua pelaku tersebut tidak terlepas dari peran warga dalam memberikan informasi mengenai keamanan dan ketertiban di lingkungannya serta kesigapan para anggota polisi dalam penyelidikan dan penanganan aduan serta informasi masyarakat.

Ia menambahkan, dari penindakan yang dilakukan jajaran Polsek Jebus itu, polisi berhail mengamankan dua pelaku beserta barang bukti berupa empat paket kecil sabu-sabu, uang Rp8.640.000, dua unit telepon genggam merk Nokia dari tangan pelaku Mu.

Sementara dari pelaku Ru, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu paket kecil sabu-sabu dan satu unit telepon genggam merk Nokia.

"Saat ini dua pelaku beserta barang bukti kami amankan di Mapolsek Jebus untuk proses lebih lanjut," kata Kapolres.

Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Sumber: 
Antaranews