POLISI TINGKATKAN PENDIDIKAN TERTIB BERLALU LINTAS

    Muntok,  (Antara) - Polisi Resor Bangka Barat, Kepulauan bangka Belitung pada rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Polisi Wanita (Polwan) ke-68 menggelar pendidikan tertib berlalu lintas bagi pelajar di daerah itu.
    "Dalam memeriahkan HUT Polwan hari ini kami dari Polwan Polres Bangka Barat melakukan pendidikan berlalu lintas bagi anak-anak TK Karya Muntok," ujar Kapolres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo melalui KBO Lantas Iptu Eka Asmayani di Muntok, Selasa.
    Ia menjelaskan, pendidikan untuk anak usia dini yang dilaksanakan di lingkungan sekolah tersebut digelar untuk menumbuhkan ketaatan dalam berlalu lintas dengan harapan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas seminimal mungkin.
    "Kami juga berupaya menjadikan para pelajar TK ini sebagai salah satu pelopor keselamatan berlalu lintas," kata dia.
    Dalam kegiatan yang dihadiri anak-anak TK Karya serta para guru pendamping tersebut, anggota polisi menjelaskan tentang pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas seperti memakai helm, melengkapi komponen kendaraan, serta tidak kebut-kebutan di jalan raya.
    "Selain itu kami juga mengajarkan kepada mereka tentang gerakan-gerakan pengaturan lalu lintas," katanya.
    Dalam kegiatan yang berlangsung meriah dan penuh keakraban itu selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab dengan para anak-anak mengenai pengetahuan yang sudah diberikan sekaligus dalam upaya meningkatkan daya ingat anak-anak mengenai materi yang sudah diberikan.
    Sebagai penutup kegiatan, diberikan bingkisan kepada TK Karya Muntok dari Polwan Polres Babar yang dilakukan secara simbolis oleh Iptu Eka Asmayani kepada Kepala Sekolah TK Karya.
    "Pada akhir pertemuan kami lakukan yel yel pelopor keselamatan berlalu lintas dengan seluruh siswa-siswi dan guru-guru TK Karya tersebut," katanya.
    Ia menerangkan, program pendidikan masyarakat itu merupakan upaya polisi untuk pembinaan usia muda, terlebih kepada anak-anak TK agar sedini mungkin mereka memahami tata cara berlalu-lintas yang baik.
    "Jajaran Polres Bangka Barat akan terus memberikan pendidikan tertib berlalu lintas, bukan hanya pada saat seperti ini namun juga kesempatan lain, seperti yang sudah kami lakukan di sejumlah sekolah mulai tingkat Tk, SD, SMP hingga tingkat atas," kata dia.

Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Sumber: 
ANTARANEWS