PTN BARU INGINKAN PERCEPATAN PERALIHAN STATUS KEPEGAWAIAN

         Pangkalpinang, 1/5 (ANTARA) - Dua perguruan tinggi negeri (PTN) baru di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Bangka Belitung, menginginkan percepatan peralihan status kepegawaian.

        "Istilahnya, kapal kami sudah dicap 'negeri' tapi awak kapalnya masih belum, kami ingin kejelasan status," kata Ketua Forum Kepegawaian Universitas Bangka Belitung, Muntoro, Selasa.

        Muntoro berharap agar peralihan status kepegawaian di sembilan PTN baru segera terealisasi.

        "Sekarang sudah dua tahun sejak dinegerikan, kami ingin ketegasan Pemerintah agar status kami sebagai pegawai negeri sipil (PNS) segera terealisasi," kata dia.

        Guna merealisasikan hal percepatan tersebut, Muntoro mengatakan forum kepegawaian dari UBB dan Polman Negeri Bangka Belitung akan mengadakan forum-forum dialog bersama PTN baru lainnya di seluruh Indonesia.

        "Selama ini, untuk 116 karyawan Polman Negeri digaji dari PT Timah, sedangkan untuk 234 karyawan UBB digaji dari PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak), dan itu selisih jauh dengan pegawai negeri," kata dia.

        Sembilan perguruan tinggi negeri baru yang diresmikan melalui Peraturan Presiden Nomor 65 tersebut antara lain adalah UBB, Polman Negeri Bangka Belitung, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Bengkalis, Universitas Musamus Merauke, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Nusa Utara.

        Ada sekitar 1.500 karyawan dari sembilan PTN baru tersebut yang terdiri dari tenaga pengajar dan karyawan.

        "Kami percaya pada proses yang berlaku dan akan mematuhi alur yang diperlukan dengan baik, yang kami usahakan di sini adalah mendorong percepatan proses tersebut dengan mengedepankan komunikasi dialogis," kata dia.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News