Puskesmas Jebus Kerjasama PMI Gelar Donor Darah

JEBUS– Puskesmas Jebus melaksanakan kegiatan donor darah sukarela dalam rangka menyelamatkan atau menekan angka kematian ibu dan anak. Melalui save blood for safe mother diharapkan nanti pada saat ibu-ibu hamil yang akan bersalin sudah tersedia darahnya di Unit Transfusi Darah, Puskesmas Jebus,Kecamatan Jebus. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (17/9/2020).
Aksi sosial ini di gelar di Balai Serba Guna Kecamatan Jebus. Selanjutnya, darah tersebut di salurkan kepada masyarakat khususnya ibu dan anak yang membutuhkan melalui Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI).
Dalam keterangannya, dr. Era Nurakhmi, Kepala Puskesmas Jebus berharap manfaat donor darah ini dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar Puskesmas Jebus sehingga tidak terlalu sulit untuk memperoleh darah.
“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah donor sukarela di wilayah Puskesmas Jebus bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Jebus dan PMI bertepatan dengan HUT PMI yang ke-75. Kita mengharapkan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lainnya,” ungkap dr. Era Nurakhmi.
“Kegiatan sosial lewat donor darah ini adalah bentuk keprihatinan kita semua atas kekurangan darah segar yang selalu dialami PMI, ” katanya lagi.
Selain donor darah dilaksanakan juga pelayanan kesehatan Terpadu.
kegiatan donor darah yang di gelar ini merupakan bentuk kerjasama lintas sektoral antara Puskesmas dan Kecamatan Jebus atas analisis permasalahan ibu Hamil diwilayah kecamatan Jebus. Terdata ada 119 ibu hamil yang mengalami anemia. Selain itu, dilakukan juga cek kesehatan "yankesdu" pelayanan kesehatan terpadu (cek BB/TB,LP, Kadar Gula Darah, Kolesterol asam lemak).
Dr. Era juga mengatakan bahwa mendonorkan darah memiliki banyak manfaat, diantaranya bisa merangsang sumsum tulang tetap keadaan aktif.
"Darah yang didonorkan sekitar 350 cc akan digantikan dengan 350 cc darah baru yang mempunyai fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatannya," tutupnya.

Sumber: 
DISKOMINFO
Penulis: 
Intan insana
Fotografer: 
Intan insana
Editor: 
Wahyu Pratiwi