Puskesmas Sekar Biru Laksanakan Kegiatan Donor Darah

 

Parittiga (27/02)- Bertempat di Puskesmas Sekar Biru, kegiatan donor darah dilaksanakan pada hari kamis, 27 Februari 2020. Hal ini disampaikan oleh Kepala Puskesmas Sekar Biru, Firly Prayuda, A. Md. Kep. kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap 3 bulan sekali. 

“ini pertama kalinya kami lakukan pada tahun 2020. Selanjutnya, insyaallah akan kami jadwalkan pada bulan Juni, setelah lebaran Idul Fitri”, jelasnya. 

Dari kegiatan ini terkumpul sebanyak 21 kantong darah, darah A sebanyak 8 kantong, darah O sebanyak 7 kantong, dan B sebanyak 6 kantong. 

“untuk darah AB kebetulan tidak ada. Terima kasih kepada para pendonor, semoga diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan tugas”, katanya.

Kegiatan sudah dilakukan sejak tahun 2019 dan merupakan inovasi untuk mengatasi kekurangan darah di PMI Babar.

"Inovasi ini kami namakan kampung donor, acaranya bertepatan dengan kegiatan lintas sektoral (lokakarya lintas sektoral) yang diadakan setiap 3 bulan sekali", tutupnya. 

Kegiatan linsek ini dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan tujuan meningkatkan kerjasama dan dukungan dari lintas sektoral yang terkait untuk mencapai SPM kesehatan serta kegiatan kesehatan lainnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Firly
Editor: 
Wahyu Pratiwi