RAPAT KOORDINASI BERSAMA KPU BAWASLU DAN GUGUS TUGAS TENTANG PENYELENGGARAAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TAHUN 2020 PADA SITUASI COVID 19

 

Muntok- Rapat Koordinasi Penegakan Hukum Terkait Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 dilaksanakan pada Jum'at 18/9 bertempat di OR I Sekretariat Daerah Kab.Bangka Barat.
Rapat ini dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Markus, SH., PJ Sekda Kab. Bangka barat, Ketua Bawaslu Kab. Bangka Barat, Ketua KPU, Serta tim Gugus tugas.
Dalam rapat kali ini, Pardi selaku ketua KPU menyampaikan bahwa pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang di laksanakan tanggal 9 Desember 2020 dilaksanakan berdasarkan keputusan presiden nomor 12 tahun 2020 tentang penetapan bencana non alam yaitu, Virus Disease 2019 (covid-19) sebagai bencana nasional.
"Prinsip pelaksanaan pemilihan pada situasi covid-19 ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, mengutamakan prinsip kesehatan dan keselamatan bagi penyelenggaraan pemilihan, peserta pemilihan, serta seluruh orang yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan ini,"jelasnya. 
"Bagi pemilih yang sedang menjalani rawat inap, atau isolasi mandiri berdasarkan data yang diperoleh dari perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan dibidang kesehatan atau gugus tugas di wilayah setempat, dapat menggunakan hak pilihnya di TPS yang berdekatan dengan rumah sakit," tambahnya.
Pardi juga menyampaikan prosedur tambahan protokol kesehatan yang mengatur, yaitu mengenai kegiatan bertatap muka secara langsung antara penyelenggara pemilihan dan pemilih, pendukung dan Paslon dan pihak terkait lainya, kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang dalam jumlah tertentu yang diselenggarakan oleh KPU, kegiatan yang bersifat penyampaian berkas dan/atau perlengkapan secara fisik, dan kegiatan Rapat Pleno terbuka.
Rio Pahlevi, selaku Ketua Bawaslu mengatakan dalam situasi ini laporan dugaan pelanggaran pemilihan dapat disampaikan secara langsung dan tidak langsung.
"Kami menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid 19. Segala kegiatan dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung di dalam ruangan dengan pengumpulan orang dalam jumlah tertentu atau tatap muka secara langsung di luar ruangan dengan tetap menjaga jarak," katanya
Sidharta Gautama, sekretaris GTPPC-19 dalam kesempatan kali ini menyampaikan hal-hal yang dapat dilakukan dalam rangka GAKKUM disiplin protokol kesehatan seperti penerbitan rekomendasi atas yang digelar di masyarakat, patroli rutin yang dilakukan oleh Satpol PP dan PBB TNI dan Polri di tempat-tempat terbuka.
" Kami akan memberikan sanksi bagi setiap orang, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum yang melanggar kewajiban protokol kesehatan sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2020 Tentang Pedoman percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat, tutupnya.

Sumber: 
DISKOMINFO
Penulis: 
wulan
Fotografer: 
aldy
Editor: 
wahyu pratiwi