Satgas Covid Bangka Barat lakukan Evakuasi dan Penyelidikan Epidemologi

 

Pada hari Rabu, 23 September 2020, Satgas Covid-19 Bangka Barat yang dipimpin oleh Kepala Satpol PP Bangka Barat, Sidharta Gautama, S. STP bersama tim melakukan evakuasi terhadap warga positif covid cluster perkebunan BPL estate Bukit Emas Bladung desa Simpang Ibul Kecamatan Simpang Teritip. 

Turut ikut dalam tim diantaranya BPBD dan Pol PP yang tergabung dalam GTPPC-19 Kabupaten Bangka Barat, Dinas Kesehatan Bangka Barat, Koramil Kelapa dan Simpang Teritip, Polsek Kelapa, Polsek Sp. Teritip, tim puskesmas Kelapa, Camat Simpang Teritip, serta tim Puskesmas Sp. teritip. 

Berdasarkan hasil uji swab, diketahui terdapat 5 orang positif covid-19. Dari 5 orang tersebut, 2 orang tinggal di perumahan sawit, 1 di Dusun Rumpis, 2 di Simpang Ibul. 

"Kelima orang yang dievakuasi tersebut langsung dibawa ke wisma karantina provinsi Bangka Belitung untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," jelasnya. 

Setelah melakukan evakuasi, pihaknya langsung melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) dan tracking di lokasi tempat tinggal 5 orang positif tersebut, seperti keluarga, tetangga dekat, teman sekerja dan tempat-tempat yang diduga dikunjungi oleh mereka. 

"Hasil tracking menunjukkan terdapat 23 orang yang wajib swab, terdiri dari 19 orang yang harus dikarantina di wisma karantina kabupaten, 4 orang lainnya isolasi mandiri di perkebunan sawit,"jelasnya. 

"Yang 19 orang sudah kami bawa langsung ke wisma karantina kabupaten hari ini. Swab akan dilakukan besok pagi. Lusa, insyaallah hasilnya keluar," tambahnya. 

"Kepada masyarakat jangan terlalu panik, karena hasil PE menyatakan hanya keluarga dekat saja yang terindikasi kontak erat. Walaupun demikian, kalau ada yang merasa kontak erat langsung dengan kelima orang ini, maka diharapkan segera menghubungi pihak kita," tegasnya.

Sumber: 
Satgas Covid-19 Bangka Barat
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
Satgas Covid-19 Bangka Barat