SEPAK BOLA - PSSI MINTA BENTUK SATUAN KERJA OLAH RAGA

           Muntok, Bangka Barat, 29/4 (ANTARA) - Ketua Harian PSSI Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung Bambang Setiabudi memkinta Pemkab setempat segera membentuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemuda dan Olah raga untuk meningkatkan prestasi atlet daerah itu.

         "Saat ini bidang Pemuda dan Olah raga masih menjadi satu dengan Dinas Pendidikan, hal itu menjadi kendala tersendiri karena pembinaan jadi tidak fokus, jika ada satuan kerja sendiri diharapkan prestasi atlet daerah dapat lebih terpantau dan pembinaannya pun lebih terprogram," ujarnya di Muntok, Minggu.

         Ia menjelaskan, selama ini bidang olah raga prestasi masih menjadi tanggung jawab sepenuhnya pada Komite Olah raga Nasional Indonesia (KONI) sedangkan Disdikpora hanya mengurusi bidang olah raga rekreasi dan olah raga pendidikan.

         Menurut dia, untuk meningkatkan prestasi atlet-atlet muda di daerah itu perlu adanya satuan kerja khusus sehingga pembinaan atlet dapat dilakukan berkelanjutan dari usia dini hingga senior.

         Selain itu, kata dia, dengan terbentuknya satuan kerja khusus yang membidangi pemuda dan olah raga, diharapkan juga akan mempercepat proses pembangunan sumber daya manusia, sarana dan prasarananya.

         "Pemkab sudah berkomitmen untuk memajukan olah raga dan atlet-atlet daerah sekaligus membentuk karakter generasi muda yang menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas," ujarnya.

         Untuk mencapai hal tersebut, menurut dia, perlu penanganan lebih serius dari Pemkab untuk mempercepat proses tersebut karena nilai-nilai sportifitas dalam olahraga berdampak positif bagi kehidupan sosial masyarakat Bangka Barat.

         Menurut dia, dengan digemarinya berbagai kegiatan olah raga oleh generasi muda di daerah itu diharapkan dapat membentuk karakter sekaligus meminimalkan terjerumusnya generasi muda ke hal-hal negatif seperti narkoba, minuman keras, kebut-kebutan dan aksi kriminal lainnya.

         "Perlu kerja sama lebih keras seluruh elemen kelembagaan dan masyarakat untuk mendorong generasi muda ke hal-hal positif agar tidak terjerumus ke hal-hal yang kurang bermanfaat dan merusak kepribadiannya," ujarnya.

         Sementara itu, untuk meningkatkan prestasi atlet daerah hendaknya seluruh pengurus olah raga dan pihak Pemkab sebaiknya segera melakukan pembinaan dan fokus pada atlet-atlet usia dini karena selama ini daerah itu masih tertinggal dari daerah lain.

         ¿Ketika digelar event olahraga khusus yang menggunakan kelompok umur, baik usia dini, remaja dan senior, kami masih tertinggal dari daerah lain, hal tersebut seharusnya menjadi catatan khusus dan segera dilakukan pembinaan yang lebih terprogram untuk jangka panjang," ujarnya.

         Sebagai insan olah raga, kata Bambang, sudah menjadi kewajiban bagi seluruh elemen yang bergerak dalam bidang olah raga untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai sportifitas dan segerabergerak untuk memperbaiki segala sisi kelemahan dalam upaya pembinaan usia dini agar ke depan lebih berprestasi.

         "Kami berharap, Pemkab segera membentuk satuan kerja pemuda dan olah raga agar komitmen menjunjung tinggi sportifitas tersebut segera terwujud sekaligus membangun generasi muda yang tangguh dalam upaya mewujudkan pembangunan daerah," ujarnya.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News