Sertifikat Hak Milik Sebagai Jaminan Kepastian Hukum

Muntok (31/10). Masyarakat Desa Kapit menerima penyerahan sertifikat PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang diserahkan secara simbolis oleh Markus,SH selaku Bupati Bangka Barat.

Menurut Kepala Kantor ATR/BPN Bangka Barat Agustinus, Total ada 284 sertifikat yang akan diserahkan kepada warga Desa Kapit, Kecamatan Parittiga yang telah terdaftar dalam program PTSL ini. Untuk Wilayah Bangka Barat pada tahun 2019 akan dibagikan sebanyak 9000 sertifikat untuk 25 desa yang tersebar di 6 kecamatan, dan Desa Kapit merupakan desa pertama yang diserahkan sertifikat PTSL.

Pendaftaran tanah sistematis lengkap ini menurut Markus berfungsi untuk mengurangi sengketa tanah yang terjadi, dan merupakan program strategis nasional. Sertifikat tanah merupakan bukti kepemilikan hak atas tanah yang sah, serta berkekuatan hukum dan otomatis akan mengurangi sengketa yang terjadi.

Bupati Markus berharapĀ  agar momentum penyerahan sertifikat ini dijadikan sebagai tonggak untuk menyatukan gerak langkah guna merapatkan barisan bersatu menuju Kabupaten Bangka Barat Hebat .

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
dedra
Fotografer: 
Yogie