SOSIALISASI e-KTP

Muntok, (20/06/2011) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka Barat menyelenggarakan sosialisasi e-KTP untuk masyarakat Bangka Barat. Sosialisai yang dilaksanakan hari ini di gedung Sriwijaya Pusmet, Muntok dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bangka BaratH. Sukir. Dalam sambutannya Wabup menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mendukung kebijakan ini dan beliau juga mengimbau agar program ini dapat di sosialisasikan kepada seluruh masyarakat Bangka Barat secara berjenjang sehingga program ini benar-benar mendapat respon dari masyarakat, dalam hal ini kecamatan sebagai ujung tombak untuk melaksanakan program ini. Selain itu Bupati melalui sambutan yang dibacakan oleh Wabup mengharapkan melalui sosialisasi ini ±120.000 wajib KTP di Kab. Bangka Barat pada saatnya nanti dapat dilayani secara maksimal .

Sosialisasi e- KTP yang dilaksanakann Selama satu hari ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat proses dan tahapan dalam pelaksanaan program e-KTP yang mulai diterapkan tahun 2011 di 197 Kabupaten/kota di Indonesia.

Manfaat e-KTP Bagi masyarakat Bangsa dan Negara ;

  1. Untuk mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda dan KTP palsu sehingga memberikan rasa aman dan kepastian hukum bagi masyarakat .
  2. Untuk mendukung terwujudnya data base kependudukan yang akurat khususnya yang berkaitan dengan data penduduk wajib KTP yang identik dengan data penduduk potensial pemilih pemilu (Dp4), sehingga DPT pemilu yang selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi.
  3. Dapat mendukung peningkatan keamanan negara sebagai dampak positif dari tertutupnya peluang KTP ganda dan KTP palsu, dimana selama ini para pelaku kriminal termasuk teroris selalu menggunakan KTP ganda dan KTP palsu;
  4. Bahwa e-KTP merupakan KTP Nasional yang sudah memenuhi semua ketentuan yang diatur dalam UU nomor 23 tahun 2006 dan Perpres No. 26 tahun 2009, sehingga berlaku secara Nasional dengan demikian mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Lembaga Pemerintah dan Swasta, karena tidak lagi memerlukan KTP setempat.  
Sumber: 
Infokom
Penulis: 
Infokom