SOSIALISASI IZIN PERTAMBANGAN RAKYAT

MUNTOK (23/10/2017) KOMINFO. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menyambut baik dengan telah disahkannya Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 Tahun 2017 tentang Perizinan di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara. Sosialisasi Izin Pertambangan Rakyat dan Penyerahan Izin secara simbolis oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan di lapangan bola Kecamatan Jebus  sebanyak 30 surat perizinan tambang rakyat kepada masyarakat yang akan menambang.

Dengan adanya Izin pertambangan rakyat ini diharapkan akan mendorong pengembangan pengusahaan, menjamin kepastian hukum dan kepastian berusaha bagi masyarakat yang ingin melakukan usaha pertambangan. Sehingga akan meningkatkan kembali tingkat perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Bangka Barat.

Setelah diterbitkannya izin untuk melaksanakan usaha pertambangan rakyat dengan luas wilayah dan investasi terbatas, maka dapat diperoleh manfaat yang banyak, antara lain kerusakan lingkungan dapat diminimalisir, pendapatan daerah meningkat, mengurangi konflik massal dan sumber daya alam bisa dimaksimalkan.

“Saya mengingatkan kepada semua pihak agar masyarakat dan badan usaha agar selalu patuh kepada aturan yang berlaku, tetap menjaga keseimbangan alam dan menjaga keamanan dan kebersamaan sosial kemasyarakatan sehingga membawa ketentraman di masyarakat,” ungkap Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali., M.M, dalam sambutannya terkait dikeluarkannya Surat Izin Pertambangan Rakyat ini.

Demi tercapainya tujuan pengelolaan pertambangan yang baik dan benar yang pada muaranya akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat maka perlu kerja sama yang optimal dari seluruh pemangku kepentingan.

Sumber: 
Diskominfo Babar
Penulis: 
Novie Ardian
Fotografer: 
Tri (Humas dan Protokol Setda Bangka Barat)
Editor: 
M. Erfan