Sosialisasi Pelebaran Jalan Nasional di Muntok

Muntok, Bangka Barat, 07/12/2011 (INFOKOM )- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Barat menggelar Sosialisasi Pelebaran Jalan dalam rangka perencanaan pelebaran jalan nasional di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Selasa malam (06/12).

Acara yang diselenggarakan di kediaman rumah dinas Bupati Bangka Barat ini dipimpin langsung oleh Bupati Bangka Barat, Ust. Zuhri M. Syazali. Dihadiri oleh lebih dari 400 orang dari berbagai lapisan masyarakat Kota Muntok untuk mendengar dan berdialog langsung dengan Bupati Bangka Barat terkait dengan perencanaan pelebaran jalan nasional menjadi dua arah.

Bupati menyampaikan bahwa rencana pelebaran jalan-jalan yang berstatus jalan nasional di Kabupaten Bangka Barat ini bukan bagian dari rencana Bupati sendiri, melainkan bagian dari syarat dari pembangunan jalan nasional pada ibukota kabupaten. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan. Dan jalan nasional sebagaimana yang dimaksud adalah jalan arteri primer, jalan kolektor primer yang menghubungkan antar ibukota propinsi, dan jalan lain yang mempunyai nilai strategis terhadap kepentingan nasional.

Bupati menjelaskan, sosialisasi ini belum menjadi keputusan akhir untuk segera melakukan pelebaran jalan-jalan nasional di mana semua masukan dan saran dari masyarakat akan ditampung dan dipertimbangkan. Pemerintah daerah juga akan mempertimbangkan semua aspek keberatan dan kerugian yang ditimbulkan bagi tanah dan bangunan milik masyarakat yang terkena dampak pelebaran jalan ini.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat akan melakukan ganti rugi bagi masyarakat yang memiliki tanah dan bangunan yang terkena dampak pelebaran jalan ini. Tentunya penggantian nantinya melalui prosedur standar berdasarkan peraturan yang berlaku. Rencana pelebaran jalan-jalan nasional ini sendiri akan menggunakan dana APBN, sedangkan untuk dana penggantian tanah dan bangunan bagi masyarakat akan menggunakan dana APBD.

Rencana pelebaran jalan ini akan dibagi dalam beberapa tahap. Tahap awal direncanakan dari arah Desa Kadur sampai persimpangan Mesjid Baitul Hikmah, Muntok. Tahap selanjutnya, dari persimpangan Mesjid Baitul Hikmah, Muntok, sampai Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok. Dan untuk ke depan, pelebaran jalan akan direncanakan pada jalan-jalan nasional yang menuju ibukota provinsi, Pangkalpinang, menjadi dua arah.

Diharapkan dengan pelebaran jalan nasional menjadi dua arah dapat menyediakan infrastruktur yang lebih baik guna menarik minat para investor ke Kabupaten Bangka Barat. Dalam perkiraan pembangunan jangka panjang, arus lalu lintas dari dan datang ke ibukota kabupaten akan sangat pesat berkembang mengingat Pelabuhan Tanjung Siapi-Api Sumatera Selatan telah siap beroperasi dan pembangunan jembatan penyeberangan Pulau Jawa dan Sumatera dalam perencanaan.

Pelebaran jalan ini akan menjadi momentum untuk mengangkat Kota Muntok sebagai Ibukota Kabupaten Bangka Barat di mana kabupaten-kabupaten yang ada di Provinsi Bangka Belitung telah melakukan pelebaran jalan nasional menjadi dua arah terlebih dahulu.

Sumber: 
Infokom
Penulis: 
Infokom