SOSIALISASI PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA)

Muntok (18/05/2017) KOMINFO. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten Bangka Barat hari ini (18/05) melaksanakan kegiatan sosialisasi Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan selama 1 hari bertempat di ruangan OR II gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat. Sosialisasi Penerapan K.I.A Usia 0-<17 tahun ini dalam rangka melaksanakan Peraturan menteri dalam negeri nomor 2 tahun 2016 tentang kartu identitas anak. Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh Aparatur dari kecamatan, UPT Dikpora, dan Kepala Sekolah PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK di kabupaten Bangka Barat, dengan jumlah peserta sebanyak 110 orang.

Dinas Kependudukan dan catatan sipil Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengundang Narasumber dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Tujuan dari sosialisasi ini memberikan  pengetahuan kepada Aparatur yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam hal penerapan K.I.A, identitas yang berlaku secara Nasional dan terintegrasi dengan sistem informasi dan administrasi kependudukan. Dengan pemberian identitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak.

Penerbitan K.I.A ini adalah program baru dan merupakan hal penting bagi Pemerintah Daerah khususnya di Kabupaten Bangka Barat, maka dengan kegiatan sosialisasi ini bisa menjelaskan lebih luas serta memberikan pemahaman kepada peserta yang mengikuti sosialisasi. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Barat selaku penerbit kartu tersebut dapat menerbitkan K.I.A dalam pelayanan keliling dengan cara menjemput bola di sekolah-sekolah, Rumah Sakit, Taman Bacaan, tempat hiburan anak-anak, dan tempat layanan lainnya agar cakupan kepemilikan dapat maksimal.

Negara Kesatuan Republik Indonesia menjamin kesejahteraan setiap warga negaranya termasuk perlindungan terhadap hak anak yang merupakan hak asasi manusia. Anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kelangsungan hidup manusia dan kelangsungan Bangsa dan Negara. Adanya jaminan perlindungan dan pemenuhan hak anak tertuang dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Dalam kesempatan ini saya berharap agar semua pihak terkait dapat saling berkoordinasi dengan baik dalam menjalankan tanggung jawab, amanah, dan dedikasi kita sebagai pelayan masyarakat. Dapat meningkatnya ketersediaan kualiatas data informasi untuk memenuhi semua kepentingan dalam pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum dan pencegahan kriminal”. Ujar staf Ahli Bidang Ekonomi dan pembangunan Syaiful Pudri.

Kegiatan Sosialisasi K.I.A ini di laksanakan mengacu kepada landasan hukum Peraturan menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perubahan atas peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2013 tentang penyelenggaaran Administrasi Kependudukan, Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Barat  Nomor 12 Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bangka Barat tahun Anggaran 2017, Surat Keputusan Bupati Bangka Barat tentang pembentukan Tim Sosialisasi Kartu Identitas Anak Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil nomor : 188.45/ 228/ 2.6.1.1/ 2017 tanggal 08 Mei 2017.*** 

Sumber: 
DISKOMINFO BANGKA BARAT
Penulis: 
Novie Adrian
Fotografer: 
Dedy S.
Editor: 
Uli Nuha, ST

Berita

14/07/2017 | Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
04/07/2017 | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat
03/07/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
19/06/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
19/06/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
09/06/2017 | DISKOMINFO BANGKA BARAT
08/06/2017 | Diskominfo Babar
26/05/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat