SOSIALISASI PENERIMAAN PRAJURIT TNI ANGKATAN LAUT

Muntok,(14/02) - Pelaksanaan sosialisasi penerimaan prajurit TNI Angkatan laut dilaksanakan di Gedung Majapahit, Pusmet, Muntok Kabupaten Bangka Barat pada Jumat (14/02/2020). Sosialisasi penerimaan prajurit TNI Angkatan Laut ini bertemakan "Negara Menanti Dharma Bhaktimu, Join The Navy To See The World.

 

Kegiatan juga dihadiri oleh Asisten Personel  (Aspers) Lantamal III Jakarta kolonel laut (S) Binsar M. Sirait, S.E,. M.S, Danlanal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dudik Kuswoyo, S.E., M. Tr.Hanla, Sekda Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Effendi, S.E., M.M,   perwakilan FORKOPIMDA Kabupaten Bangka Barat serta perwakilan siswa siswi dari SMA/SMK se- Kabupaten Bangka Barat.

 

Dalam Sambutan Bupati Bangka Barat yang diwakilkan oleh Sekretaris daerah menyampaikan sambutan dan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan sosialisasi ini. "Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan hal yang positif dan dapat memotivasi para pelajar dan anak-anak yang baru lulus SMA/SMK Sederajat khususnya di Barat untuk lebih mengetahui dan memahami secara lebih dekat tentang kemaritiman terlebih keberadaan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI", katanya. 

"kepada seluruh peserta sosialisasi, gunakan kesempatan ini dengan baik untuk lebih mengenal TNI Angkatan Laut (AL) lebih dekat lagi. Setelah mengikuti sosialisasi ini para peserta di harapkan dapat menyebarluaskan informasi positif tentang Penerimaan Prajurit TNI AL ini melalui media sosial", sambungnya. 

Dalam paparan yang disampaikan kolonel laut (S) Binsar M. Sirait, S.E,. M.Si, beliau mengajak anak-anak Bangka Barat untuk bergabung di TNI AL. 

"Negara menanti Dharma Bakti mu. Terima kasih kepada Bupati yang diwakili oleh Bapak Effendy dan Unsur Forkopimda Bangka Barat siswa siswi para tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan ini", katanya. 

Materi yang disampaikan dalam sosialisasi diantaranya adalah cara mendaftar, persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon Taruna Taruni TNI Angkatan Laut. "pendaftaran ini tidak dipungut biaya alias gratis. Harapan saya ada yang masuk menjadi calon TNI Angkatan laut diantara yang hadir disini. Kabupaten Bangka Barat menjadi kabupaten yang ke 8 yang di kunjungi dalam kegiatan sosialisasi penerimaan prajurit TNI angkatan laut tahuin 2020", jelasnya. 

Tahun 2020 TNI angkatan laut membuka kesempatan kepada pemuda pemudi sebanyak 3.430 orang dengan perincian: 130 Orang penerimaan untuk Taruna/Taruni, 1500 orang untuk Calon Bintara dan 1.800 Orang untuk Calon Tamtama.

Persyaratan Ikuti Seleksi Prajurit TNI AL

Disebutkan oleh Asisten Personel  (Aspers) Lantamal III Jakarta kolonel laut (S) Binsar M. Sirait, S.E,. M.S, ada tiga jalur untuk mengikuti seleksi prajurit TNI Angkatan Laut adalah sebagai berikut: 

  1. Jalur I, Calon Taruna/Taruni pendidikan yang ditempuh selama 4 tahun
  2. Jalur II, Calon Bintara, Pendidikan yang ditempuh 7 Bulan
  3. Jalur III, Calon Tamtama, pendidikan yang ditempuh 7 Bulan.

Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut: 

  1. WNI, Usia 17 thn 11 Bulan, Ijazah SMA, tinggi Badan 163 cm untuk yang laki-laki, 157 untuk yang wanita. Untuk aturan yang baru tapi belum berlaku untuk tahun 2020 Tinggi laki-laki 170 cm, wanita 160 cm.
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak berkacamata, tidak bertindik untuk laki-laki, tidak bertato, surat berkelakuan baik dari kepolisian, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan, bersedia menjalankan ikatan dinas pertama dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara republik indonesia.
Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Erni
Fotografer: 
Yogie
Editor: 
Yogie