Sosialisasi SP 2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia

Muntok (09/01/2019) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Barat menggelar sosialisasi Sensus Penduduk (SP) tahun 2020, kamis (09/01) bertempat di gedung Baturakit komplek perkantoran terpadu pemerintah kabupaten Bangka Barat. Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Bangka Barat. Turut hadir Unsur Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kepala BPS Bangka Barat, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Bangka Barat, Markus S.H., dalam sambutannya mengatakan bahwa data sensus penduduk memberikan manfaat yang besar bagi keperluan pembangunan baik di bidang perumahan, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

“Berdasarkan data BPS, dapat diketahui bahwa Bangka Barat menduduki peringkat pertama kemiskinan paling rendah se-provinsi Bangka Belitung 2,67 persen. Indeks Pembangunan Manusia kitapun meningkat dari 67,94 ditahun 2017 menjadi 68.68 di tahun 2018. Data-data tersebut merupakan salah satu contoh manfaat bagi pembangunan masyarakat kita”, ujar Markus

Sementara itu Kepala BPS Bangka Barat, Zainubi, S.Sos menyampaikan bahwa sensus 2020 ini merupakan sensus yang ke tujuh yang dilaksanakan di Indonesia. Sensus penduduk 2020 ini berbeda dengan sensus sebelumnya.  Pencacah lapangan akan menggunakan data dasar dari Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Dengan cara ini sensus penduduk 2020 dapat menghasilkan data dasar kependudukan yang sangat strategis dan terkini dalam menuju satu data kependudukan Indonesia”, terang Zainubi

Zainubi juga mengatakan bahwa untuk sensus penduduk 2020 ini BPS Bangka Barat menargetkan minimal 20 persen harus tercapai dari jumlah Kepala Keluarga sekabupaten Bangka Barat.

“Untuk itu kami BPS Bangka Barat sangat mengharapkan dukungan pemerintah kabupaten Bangka Barat, DPRD, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD dan semua pihak untuk mensukseskan sensus penduduk 2020 ini’, harap Zainubi

Sensus penduduk 2020 ini akan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu sensus penduduk online yang akan dilaksanakan pada bulan februari – maret 2020 dan sensus penduduk wawancara yang dilaksanakan pada bulan juli 2020.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan Buku Bangka Barat dalam Angka 2019 oleh kepala BPS Bangka Barat kepada Bupati Bangka Barat serta di lanjutkan penandatangan komitmen sebagai bentuk dukungan Sensus Penduduk 2020 oleh Bupati dan Forkopimda Bangka Barat.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
Deddy
Editor: 
Wahyu Pertiwi